28.6 C
Bogor
Thursday, May 9, 2024

Buy now

spot_img

Alumni SMA Rimba Madya Merajut Solidaritas Melalui Donor Darah

Bogor | Jurnal Bogor
Alumni SMA Rimba Madya Bogor angkatan 95  menggelar acara donor darah di ruang aula Kelurahan Kebon Kelapa, Kamis (14/12/2023). Kegiatan ini merupakan acara rutin tiga bulanan donor darah yang mengusung tema “Merajut Solidaritas Melalui Donor Darah”.

Penangung jawab kegiatan, Mardiono, menuturkan kegiatan donor darah ini melibatkan PMI Kota Bogor. Adapun animo peserta donor darah tidak hanya berasal dari alumni  saja, namun juga alumni SMP PGRI 3 Bogor dan masyarakat umum.

“Bahkan Bapak Lurah Supyawan S.Pd., M.Pd dan Staff Kelurahaan  juga Ikut  mendonorkan darahnya,” imbuh Mardiono.

Mardiono   menambahkan, penyelenggara kegiatan menargetkan 150 kantong darah dan terkumpul sekitar 50 kantong.  Sebenarnya masih banyak yang ingin mendonorkan darahnya, namun karena keterbatasan waktu maka dari pihak PMI hanya membatasi hingga pukul 12.00 Wib saja.

Tercatat peserta yang mendaftarkan diri sebanyak 100 orang. Namun, peserta yang lolos pemeriksaan kesehatan hanya sekitar 50 orang saja. Darah yang terkumpul selanjutnya akan didistribusikan oleh pihak PMI.

Kegiatan donor darah ini merupakan kegiatan kemanusiaan yang bertujuan untuk memberikan bantuan kepada orang yang membutuhkan sebagai wujud solidaritas kepada sesama manusia. Melalui kegiatan ini setidaknya juga dapat berkontribusi untuk menambah supply kebutuhan darah nasional. angka keamanan darah nasional yang ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebesar 2% dari jumlah populasi setiap tahunnya.

Saat ini Indonesia masih membutuhkan 5 juta kantong darah untuk memenuhi standar tersebut. “Dengan demikian, donor darah yang diselenggarakan alumni SMA Rimba Madya 95 diharapkan dapat berkontribusi memberikan supply darah,” imbuhnya. 

(wan/yev)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles