27.2 C
Bogor
Monday, April 29, 2024

Buy now

spot_img

Internet Jets BUMDes Megamendung Jaya Pelopor Internet Desa

Bogor | Jurnal Bogor
Pemerintah Desa Megamendung membuat Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Megamendung Jaya untuk mendorong pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan mengembangkan program yang menitik beratkan pada pembangunan ekonomi kerakyatan dan akselerasi transformasi digital sebagai daya dukungnya.

MOU bersama PT Cyberlus Media Pratama Untuk Pelaksanaan Internet Jets BUMDesa Megamendung Jaya

Salah satu program BUMDes Megamendung Jaya adalah Internet Jets BUMDesa Megamendung Jaya yang merupakan jaringan internet masyarakat dalam ruang lingkup wilayah Desa Megamendung melalui media kabel fiber optik, wireless 2.4 Ghz ataupun hotspot sebagai sarana aktivitas komunikasi masyarakat melalui jaringan internet yang dikelola secara  kolaborasi.

Program yang dikelola oleh BUMDesa Megamendung Jaya ini merupakan salah satu perwujudan kerjasama antara BUM Des Megamendung Jaya dengan PT Cyberplus Media Pratama dalam pengadaan jaringan internet ke perkampungan ataupun dusun di Desa Megamendung yang tidak tersentuh atau tidak terjangkau sinyal komunikasi (blank spot), dan sekaligus pengadaan atas kebutuhan internet yang cepat dengan biaya yang terjangkau serta efesien.

Pelaksanaan instalasi Internet Jets BUMDesa Megamendung Jaya

Saat ini, setiap orang membutuhkan teknologi informasi dan telekomunikasi dalam pemenuhan kebutuhan kegiatan sehari-harinya, baik untuk bekerja maupun dalam berinteraksi sosial, ekonomi dan lainnya. Hal ini menyebabakan kebutuhan atas fasilitas internet yang cepat, effesien dan biaya terjangkau adalah sebuah keniscayaan.

“Dengan membangun Internet Jets BUMDesa Megamendung Jaya dalam lingkup desa yang saat ini menjadi tren dalam pemenuhan fasilitas internet masyarakat telah menjadi sebuah solusi yang solutif,” kata Direktur BUMDes Megamendung Jaya M.Yusuf S kepada Jurnal Bogor, Senin (15/01/2024).

Internet Jets BUMDesa Megamendung Jaya adalah suatu gagasan terbarukan dimana kebutuhan atas internet masyarakat yang melingkupi RT dan RW tercukupi selama 24 jam sehari selama sebulan dengan biaya yang terjangkau, Bahkan dengan membangun infrastuktur interet secara kolaborasi, maka fasilitas internet dapat menjangkau perkampungan yang tidak dilingkupi oleh sinyal komunikasi. Saat ini internet yang dilayani oleh BUMDes Megamendung Jaya dengan harga langganan per bulan hanya Rp 166.500 dan sudah termasuk pajak untuk 10 Mbps.

Pemasangan tiang internet

Seperti diketahui, usaha desa yang dikelola BUMDes itu berbadan hukum. Pendiriannya berpijak pada Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa, PP No. 11 Tahun 2021 tentang Badan Usaha Milik Desa, dan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia No. 4 Tahun 2015 Tentang Pendirian, Pengurusan, dan Pengelolaan, dan Perubahan Badan Usaha Milik Desa sebagai salah satu program pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk meningkatkan ekonomi yang bersifat mandiri di desa guna memberikan manfaat dan kesejahteraan bagi seluruh warga desa.

(wawan hermawanto)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles