28.8 C
Bogor
Friday, April 19, 2024

Buy now

spot_img

Cegah Tebingan Terkikis, Pemdes Pangkaljaya Bangun TPT 

Nanggung l Jurnal Bogor 

Tebingan yang berlokasi di Kampung Tapos RT 01 RW 13, Desa Pangkaljaya, Nanggung, Kabupaten Bogor kini dibangun Tembok Penahan Tanah (TPT).  Pembangunan TPT tersebut dari anggaran dana desa untuk mengantisipasi terjadinya longsor akibat terkikisnya tebingan.

“Agar memberikan rasa aman kepada masyarakat,” ujar Kepala Desa Pangkaljaya Taupik Sumarna kepada Jurnal Bogor, Senin (15/5).

Di wilayah  itu diakuinya kerap dilanda tanah longsor, meski longsornya tidak begitu besar dengan bangunan TPT itu untuk  mencegah terjadinya bencana alam. Apalagi tebingan itu berbatasan tanah masyarakat dengan lingkungan sekolah.

“Maka itu bangunan TPT sebagai pemberdayaan dalam rangka mendukung program pendidikan,” jelasnya.

Dia menjelaskan, diatas tebingan ada gedung SDN Tapos, dan sering terkikisnya tebingan  ketika hujan berdampak  jalanan menjadi licin.

Sementara Kepsek SDN Tapos, Sukadir mengaku keberadaan  bangunan TPT yang tengah dibangun itu, menurutnya  sangat membantu pihak sekolah.

“Sangat terbantu Karena bangunan TPT itu tepat berada perbatasan tanah masyarakat dengan bangunan sekolah. Tentu bangunan TPT itu selain memberikan manfaat masyarakat sekitar tentu saja SDN Tapos juga sangat diuntungkan tidak khawatir longsor,” tandasnya. Arip Ekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles