27.7 C
Bogor
Friday, April 26, 2024

Buy now

spot_img

Ancam Keselamatan, Tebing Sungai Cibeureum Longsor

Jasinga | Jurnal Bogor 

Tebingan yang berada di bibir sungai Cibeureum, Kampung Ngasuh, Desa Curug, Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor mengalami longsor akibat luapan sungai saat hujan deras, Rabu (8/06/22) lalu.

Akibatnya, kondisi ini mengancam permukiman dan keselamatan warga. Sebab tebingan sepanjang 70 meter dan tinggi 10 meter tersebut cukup membahayakan.

Kepala Desa Curug Anton membeberkan, pihak pemerintah desa sudah melaporkan bencana alam tersebut ke pihak terkait. Namun, sangat disayangkan pihak terkait dalam hal ini PUPR dan UPT pengairan terkesan tutup mata dan telinga.

“Kami sudah melaporkan ke PUPR dan UPT pengairan, bahwa di desa kami ada longsor akibat luapan air yang menyebabkan bantaran sungai mengalami longsor. Tapi rupanya mereka pura-pura tidak melihat dan mendengar. Sekarang kami hanya berharap ada mukjizat dari Allah SWT,” ungkapnya saat dihubungi Jurnal Bogor, Rabu (29/06/22).

Padahal, kata dia, pemdes hanya butuh minimal ada tindakan dari pihak terkait agar tidak terjadi yang tidak diinginkan. Sebab, selain dekat dengan permukiman jalan lingkungan tersebut adalah akses anak-anak sekolah dan mengaji.

“Saya berharap pihak terkait mengambil langkah cepat, mau dibronjong atau dibangunkan TPT, kan itu masuknya Sungai Cibeureum anak sungai Cidurian,” jelasnya. 

“Mudah-mudahan segera ada perbaikan dari dinas terkait karena ini sangat mengancam keselamatan warga sekitar,”tukasnya.

** Andres

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles