24.6 C
Bogor
Friday, April 26, 2024

Buy now

spot_img

Bangunkan Huntap, Ketua Komisi 3 Dukung Arahan Plt Bupati 

Ciawi | Jurnal Bogor
Bencana banjir bandang dan tanah longsor yang menimpa Desa Cibunian, Kecamatan Pamijahan, Rabu (22/06) lalu, menjadi keprihatinan dan juga perhatian serius Komisi 3 DPRD Kabupaten Bogor.

“Kita kembali berduka, setelah sebelumnya terjadi bencana di wilayah Cijeruk. Saya dan rekan-rekan yang duduk di Komisi 3 sangat prihatin dan duka mendalam,” kata Ketua Komisi 3 DPRD Kabupaten Bogor Tuti Alawiyah kepada wartawan melalui pesan WhatsApp, Rabu (29/06).

Akibat bencana banjir bandang dan tanah longsor itu, kata Tuti, sebanyak 20 kepala keluarga (KK) yang terdampak langsung maupun 52 KK lainnya, sudah mengungsi.

“Para korban bencana yang saat ini sedang berada di lokasi pengungsian, baik yang KK terdampak langsung atau pun mengungsi harus segera dibantu dan diberikan hunian sementara, sehingga kehidupan mereka bisa berangsur normal,” ujarnya.

Politisi Partai Gerindra ini mendukung arahan dari Plt Bupati Bogor agar KK yang terdampak dikontrakan rumah sementara sebelum dibangunkan huntap (hunian tetap). Istri dari anggota DPR RI Partai Gerindra ini juga sangat merespons arahan Plt Bupati Bogor untuk dicarikan lokasi huntap yang aman.

Tetapi, relokasi juga tentunya harus memperhatikan kontur tanah lokasi bencana dan wajib dilakukan.
“Seperti kata Pak Iwan, relokasi harus segera dilakukan dan tidak bisa ditawar-tawar lagi,” tegas Tuti.

Merujuk arahan dari Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan, relokasi memang sebaiknya dilakukan dengan memindahkan semua KK terdampak ke lokasi baru yang sama agar tidak terpencar. 

“Kalau tidak ada lokasi baru yang bisa menampung semua KK terdampak, ya mohon pengertiannya kepada para korban agar berkenan terpencar. Yang penting lokasi huntap nya aman dan nyaman,” papar anggota dewan asal daerah pemilihan (Dapil) 3 tersebut.

Yang paling penting, lanjut Tuti, Pemerintah Desa (Pemdes) Cibunian untuk peduli dan punya peta rawan bencana di desanya. “Peta rawan bencana bisa memitigasi potensi korban jiwa dan harta benda yang jatuh,” imbuhnya.

Dalam kesempatan kunjungan ke lokasi bencana, Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan menginstruksikan kepada Kepala Desa Cibunian dan Camat Pamijahan agar warga yang terdampak segera dicarikan rumah kontrakan.

“Ngungsi atau numpang di rumah orang itu jangan lama-lama, sebelum relokasi carikan kontrakan dulu buat KK yang terdampak,” tukasnya.
Dede Suhendar  

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles