24.6 C
Bogor
Friday, February 23, 2024

Buy now

spot_img

Sudah Lama Alami Kerusakan, Warga Kavling di Ciomas Sukarela Perbaiki Jalan

Ciomas l Jurnal Bogor
Warga yang tinggal di perumahan Kavling Sukarapih di lingkungan RT 04 RW 08 di Desa Ciomas, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor berinisiatif memperbaiki jalan yang sudah lama rusak. Hadir pada gotong-royong tersebut Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas.

“Jalan ini terkesan tidak ada yang memperhatikan,  maka kami bersama warga lainnya  berswadaya memperbaiki jalan,” kata Wawan, warga Kavling Sukarapih kepada Jurnal Bogor, Minggu (10/12/2023).

Perbaikan dilakukan di jalan pintu masuk yang merupakan salah satu akses utama ke wilayah tersebut serta akses menuju kantor Pemerintah Desa Ciomas.

Alasan warga bergotong royong memperbaiki jalan itu, menurut Wawan karena kondisi jalan itu sudah lama rusak dan warga lainnya merasa prihatin. “Warga aktif menggunakan jalan itu,” tandas Wawan.

Wawan yang merupakan ketua paguyuban di kavling tersebut menjelaskan, infrastruktur penting bagi masyarakat sehingga swadaya perbaikan jalan sebagai bentuk  kepedulian dalam menjaga kepentingan bersama.

“Partisipasi hasil rereongan masyarakat kami mengucapkan terimakasih, sebab pihak-pihak terkait terkesan membiarkan meski kondisi jalan itu sudah lama rusak. Padahal penyebab kerusakan tersebut bukan oleh warga kavling,” paparnya.

Tanpa adanya bantuan dari pihak manapun, lanjut Wawan, upaya ini murni sukarela warga Kavling Sukarapih. Wawan menjelaskan, kerusakan jalan tersebut sudah kedua kalinya. Namun pihak-pihak terkait terkesan gak peduli.

Keberadaan jalan itu, menurutnya  bukan hanya dimanfaatkan  oleh warga yang tinggal di perumahan Kavling Sukarapih, akan tetapi  kendaraan truk besar  yang bermuatan melebihi tonase pun terkadang menggunakan jalan itu.

Maka itu, kerusakan jalan itu bukan oleh warga yang setiap melintasi di jalan itu, namun penyebab rusaknya jalan itu melainkan diduga adanya kendaraan yang bermuatan tonase besar.

Warga sekitar mengaku heran, lantaran  kendaraan yang menyebabkan kerusakan jalan tersebut terkesan adem ayem dan tidak perduli “Alangkah bijaknya pihak terkait atau yang menyebabkan jalan itu rusak harus ikut bertanggung jawab,” tukasnya.

(arip ekon)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,832FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -

Latest Articles