26.2 C
Bogor
Sunday, July 21, 2024

Buy now

spot_img

Sukamakmur Jadi Tempat KKN Mahasiswa Unhan, Ini Harapan Bakri Hasan

Sukamakmur | Jurnal Bogor
Camat Sukamakmur Bakri Hasan membuka program pengabdian masyarakat Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kadet Mahasiswa Universitas Pertahanan (Unhan) RI. Pembukaan diawali dengan upacara bendera yang berlangsung di halaman Kantor Koramil 0621-09 Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Senin, (20/11/23).

Hadir dalam pembukaan tersebut Brigjen TNI Mustopa, Marsma Gultom, Kolonel Laut Ir. Hery,  S.T.M. Han. M. Tr. Opsla, Kolonel (Tek) Nanang Heri. S, Kolonel Inf Adam Mardansyah, Mayor Chk. Omas Setia, Camat Sukamakmur, Kapolsek, Pjs Danramil, kepala desa, lembaga desa dan unsur kepemudaan.

Bakri Hasan mengatakan, pelaksanaan KKN FSTP Unhan RI tahun 2023 ini, mengusung tema “KKN Fakultas Sains dan Teknologi Pertahanan Unhan RI Siap Melaksanakan Optimalisasi Potensi Kecamatan Sukamakmur” yang mengandung makna bahwa ilmu yang telah dipelajari kemudian diterapkan dalam pengabdian kepada masyarakat.

“ Kegiatan KKN juga dilaksanakan sebagai bentuk perwujudan sistem pertahanan keamanan rakyat semesta (total defense system), yang melibatkan seluruh warga negara, wilayah, maupun sumber daya nasional lainnya, untuk menegakkan kedaulatan negara,  melindungi segenap bangsa, dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ungkap Bakri kepada Jurnal Bogor.

” Sistem pertahanan keamanan rakyat semesta mengamanatkan setiap warga negara wajib dan berhak ikut serta dalam upaya bela negara. Aktualisasi bela negara dapat diwujudkan melalui peran dan kontribusi segenap komponen masyarakat sesuai dengan bidang profesi masing-masing,” tambahnya.

Lebih lanjut Bakri menjelaskan konteks KKN, mahasiswa Unhan ini diharapkan mampu mengidentifikasi masalah dan potensi masyarakat, punya empati dan kepedulian dalam permasalahan masyarakat, serta sebagai sarana menanamkan nilai-nilai Pancasila, nasionalisme, tanggung jawab, dan jiwa kepemimpinan. Tidak hanya bagi diri sendiri, tetapi juga kepada pemuda-pemudi khususnya Kecamatan Sukamakmur.

” Yang Pertama, tingkatkan terus keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, sebagai landasan mental pada setiap pelaksanaan kegiatan. Kedua, pastikan agar program atau kegiatan dibuat berdasarkan aspek-aspek yang betul-betul dibutuhkan oleh masyarakat. Ketiga, upayakan pula agar program atau kegiatan tersebut memenuhi asas keberlanjutan, dapat diteruskan dan dikembangkan secara mandiri oleh masyarakat, serta dapat menjadi contoh bagi kecamatan lain. Keempat, jalin komunikasi, kerja sama, dan sinergitas dengan seluruh masyarakat dan perangkat desa terkait,” paparnya.

Bakri juga mengucapkan selamat bekerja pada KKN ini, dia mengucapkan terima kasih kepada Fakultas Sains dan Teknologi Pertahanan Unhan RI, atas kepercayaanya menjadikan Kecamatan Sukamakmur sebagai mitra pelaksanaan KKN. Semoga Allah Subhanallahu Wa Ta’ala, selalu meridhoi setiap langkah pengabdian kita, demi bangsa dan negara yang kita cintai bersama.

“Mari kita tingkatkan rasa cinta dan tanggung jawab terhadap tanah air melalui karya yang dihasilkan selama Kuliah Kerja Nyata ini. Dengan begitu, kita dapat bersama-sama mengoptimalkan potensi Kecamatan Sukamakmur untuk kemajuan dan keberlanjutan bangsa Indonesia,” tutupnya.

(nay nur’ain)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles