29.6 C
Bogor
Thursday, June 13, 2024

Buy now

spot_img

Pemdes Bantar Jati Gandeng CSR Indocement Bebersih Ranting Pohon Pinggir Jalan

Klapanunggal | Jurnal Bogor
Pemerintah Desa Bantarjati, Klapanunggal, Kabupaten Bogor bersama CSR dari PT Indocement melakukan pemangkasan pohon di bahu jalan yang kemungkinan besar dahan atau batang akan menyentuh jaringan kabel listrik hingga mengganggu lintasan kendaraan, Senin (20/11/23).

Pemangkasan dilakukan secara intensif terutama pada pohon tepi jalan, mengingat saat ini sudah mulai memasuki musim penghujan dan pemangkasan dilakukan dengan membersihkan ranting pohon yang menjuntai ke badan jalan agar tidak membahayakan keselamatan pengguna jalan. Pemangkasan juga dilakukan terhadap cabang yang sudah tua dan tidak produktif.

Kepala Dusun 01 Desa Bantarjati Mamansyah mengatakan, tujuan dari pemangkasan pohon tidak hanya untuk menjaga keamanan kabel listrik, namun juga menjaga keselamatan masyarakat dan lingkungan di sekitar jaringan listrik dan pengguna jalan.

” Dalam melaksanakan pemangkasan pohon, jaringan listrik menjadi aman dari benda-benda yang berpotensi mengganggu kontinuitas pasokan listrik dan pengguna jalan pun menjadi aman,” kata Maman kepada Jurnal Bogor.

Sementara CSR PT Indocement Tunggal Prakasa Tbk untuk Desa Bantarjati, Yadi menyebut pemangkasan pohon ini dilakukan bersama pemdes guna menjaga kenyamanan pengguna jalan yang melintasi jalur ini.

“ Selain itu, disini banyak kabel yang seliweran dan notabene posisinya rendah, jika pohon ini tidak kita bersihkan untuk ranting yang sudah mulai mengenai jalan dan kabel khawatir terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” tuturnya.

“ Saya berharap kepada masyarakat sekitar, untuk peka akan pohon yang sudah mengenai jalan, minimal ada upaya serta tidak selalu mengandalkan pemerintah untuk menjaga lingkungan, sejatinya menjaga keamanan dan kelestarian lingkungan itu adalah tanggung jawab kita bersama,” tambahnya.

(andi/nay)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles