29.6 C
Bogor
Monday, May 6, 2024

Buy now

spot_img

Kerap Terjadi Kemacetan, Rekayasa Lalulintas 2-1 di Jalan Raya Dramaga Belum Maksimal

Dramaga l Jurnal Bogor
Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor melakukan rekayasa lalu lintas untuk mengurai kemacetan di Jalan Raya Dramaga – Kampus IPB University, mulai Senin, 6-9 November 2023. Namun rekayasa lalulintas 2-1 ini belum maksimal dan masih terjadi kemacetan di jalan tersebut.

Kabid (Kepala Bidang) Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kabupaten Bogor Dadang Kosasih  mengaku rekayasa lalulintas 2 jalur saat ini masih terjadi penumpukan kendaraan di gerbang utama IPB. Dishub pun langsung melakukan evaluasi dan menempatkan anggota di pertigaan yang menjadi titik kemacetan.

“Uji coba rekayasa ini kita lakukan dari hari Senin sampai dengan Kamis (9/11).  Setelah itu kita lakukan evaluasi lagi dan sejauh mana efektifnya rekayasa lalulintas tersebut,” ujarnya.

Dadang menambah kendaraan yang hendak masuk pertigaan Babakan masih dilakukan penutupan dan kendaraan semuanya diwajibkan memutar di gerbang IPB.

Untuk pertigaan Duta Berlian masih dilakukan penutupan dengan menggunakan water barrier. Selain itu ada juga petugas Dishub Kabupaten yang berjaga.

“Ada 13 petugas yang berjaga di titik kemacetan.  Sampai saat ini belum ada sanksi bagi ke kendaraan yang melanggar. Namun, sanksi tilang dilakukan oleh Kepolisian. Itu juga bagi kendaraan yang melanggar jam operasional  seperti truk tambang,” ungkapnya.

Sementara kemacetan parah di Jalan Raya Dramaga – Kampus IPB University terjadi hampir setiap hari terutama pada jam sibuk yakni pagi dan sore hari. Sedangkan rekayasa lalulintas yang dilakukan Dishub yakni berikut ini.

Jadwal jam 06.00 – 08.00 WIB
Arus kendaraan dari arah Leuwiliang menuju Kota Bogor, dibuat 2 lajur dan arus kendaraan dari arah Bogor menuju Leuwiliang dibuat 1 lajur.

Jadwal jam 16.00 – 18.00
Arus kendaraan dari Kota Bogor menuju Leuwiliang, dibuat 2 lajur dan arus kendaraan dari arah Leuwiliang menuju Kota Bogor dibuat 1 lajur.

Semua kendaraan dari arah Leuwiliang yang akan menggunakan Jl Lingkar Dramaga (JLD) dan Jl Perwira, wajib memutar pada area SPBU Dramaga (Seberang KFC Dramaga), karena pada pertigaan dua jalan tersebut dipasang barrier.

Lalu semua kendaraan dari arah Kota Bogor, Ciomas dan Jl Perwira, yang akan menuju Jl Lingkar Kampus IPB dan Jl Babakan Raya, wajib memutar pada ujung median depan gerbang utama Kampus IPB.

(arip ekon)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles