28.5 C
Bogor
Saturday, July 27, 2024

Buy now

spot_img

Desa Kalongliud Terdampak Hujan Deras dan Angin Kencang

1 Jembatan Putus dan Puluhan Rumah Terendam Banjir dan Rusak Ringan

Nanggung | Jurnal Bogor
Wilayah Desa Kalongliud, Nanggung, Kabupaten Bogor terkena dampak  banjir dan longsor akibat hujan deras dan angin kencang yang terjadi pada Sabtu (04/11/2023).

Dampak dari peristiwa tersebut, puluhan rumah terendam banjir dan satu jembatan penghubung RW mengalami putus.

Kepala Desa Kalongliud Jani Nurjaman mengatakan, hujan lebat yang disertai angin kencang selama tiga jam membuat beberapa titik di wilayahnya terkena dampak.

“Sehubungan dengan telah terjadi hujan lebat yang disertai angin kencang, pada  Sabtu 04 November 2023 sejak jam 16:30 WIB sampai 18.30 WIB, sehingga terjadi dampak banjir dan longsor,” katanya saat dikonfirmasi Jurnal Bogor, Senin (6/11/2023).

Jani menjelaskan, saat hujan dan angin kencang berlangsung rumah di Kampung Bongas RW 05 sebanyak  21 Rumah mengalami rusak ringan. Di Kampung  Bongas RW 09 ada 9 rumah rusak ringan serta di kampung Liud RW 03 terdapat 1 rumah rusak ringan.

“Di sebagian wilayah yang masuk ke rumah warga dan longsor di beberapa titik wilayah pemukiman serta putusnya jalan dan 1 unit jembatan desa, penghubung antar wilayah RW. Akibat tergerus oleh derasnya air,” jelasnya.

Kata dia, wilayah yang mengalami longsor dan erosi satu jembatan dengan volume 6× 7 meter mengalami  rusak berat di Kampung Tegallega Permai yaitu terputus dan beberapa titik tebing tanah longsor.

“Satu unit jembatan desa putus, 30 meter tebing tanah longsor ringan, namun diperkirakan jika turun hujan lagi berpotensi longsor ke pemukiman warga,” bebernya.

Dalam kejadian itu, Jani menyatakan, jumlah kerugian yang dialami, baik korban dan yang terdampak terjadi akibat bencana banjir dan angin kencang telah diberitahukan kepada pihak terkait melalui surat terlampir. Jani menghimbau kepada warga agar selalu hati-hati terlebih jika rumah warga berada di tebing.

(andres)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles