27.2 C
Bogor
Monday, April 29, 2024

Buy now

spot_img

Selain Jalan, Air Bersih Juga Jadi Prioritas Mamat Rahmat

Jonggol | Jurnal Bogor
Pemerintah Desa Weninggalih, Jonggol, Kabupaten Bogor menggunakan bantuan keuangan Satu Miliar Satu Desa (Samisade) untuk betonisasi jalan desa di dua titik lokasi. Hal tersebut disampaikan Kepala Desa Weninggalih Mamat Rahmat yang bersyukur adanya Samisade bisa mempercepat pembangunan di desanya.

“ Alhamduliah, untuk anggaran Samisade tahun 2023 ini Desa Weninggalih bisa membangun di dua titik, dan jalan tersebut menjadi lintas warga dan sudah sangat lama sekali tidak mendapatkan sentuhan pembangunan,” ungkap Mamat sapaan akrabnya kepada Jurnal Bogor, Senin (23/10/23).

Mamat menjelaskan, untuk betonisasi titik pertama ada di Kp Citapen RT 01-02/RW 01 dengan volume panjang 892 m x lebar 2,5 m x tinggi 0,15 m. Dan untuk titik yang kedua ada di Kp Tegal Mukti RT 12/RW 05 dengan volume panjang 600 m x lebar 3 mx tinggi 0,15 m.

“ Saya menargetkan, minimal selama saya menjabat dalam periode ini semua jalan desa bisa masuk kendaraan roda 4. Paling tidak jika bisa masuk mobil, harga tanah bisa naik dan secara otomatis juga meningkatkan ekonomi warga,” katanya.

Selain persoalan infrastruktur yang masih jadi pekerjaan rumah, sambung Mamat, hal yang paling penting dan harus segera dilakukan ialah air bersih. Walaupun ada beberapa SPAM tapi karena kedalaman sumurnya tidak mumpuni, air yang dihasilkan pun tidak seberapa, apalagi jika memasuki musim kemarau seperti sekarang ini.

“ Karena di desa ini sangat sulit menemukan mata air, maka saya minta untuk PDAM agar masuk ke wilayah ini. Info terakhir yang saya dapatkan ialah, tahun 2024 nanti PDAM bisa masuk desa ini,” jelasnya.

Mamat berharap saat PDAM masuk nanti bisa menjadi solusi kekeringan di desanya. Jadi sekali pun memasuki musim kemarau, warga tidak kekurangan air bersih.

“ Sekarang PDAM sedang pembangunan jaringan di Jonggol, semoga selesai itu bisa langsung menyalurkan kesini,” pungkasnya.

“ Jadi, selain jalan desa dan lingkungan, masih banyak titik harus diperbaiki, ketersediaan air bersih juga jadi PR penting di desa ini,” tambahnya.

** Nay Nur’ain

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles