34.4 C
Bogor
Wednesday, May 15, 2024

Buy now

spot_img

PKM PM IPB University Berdayakan Anak Jalanan di Pasar Leuwiliang dengan The Scientist Junior

Leuwiliang | Jurnal Bogor
Tim bidang Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) PM Institut Pertanian Bogor (IPB) University melakukan pemberdayaan anak-anak jalanan yang ada di Pasar Leuwiliang, Kabupaten Bogor. Pemberdayaan ini untuk meningkatkan antusiasme terhadap pendidikan, sebab pendidikan adalah hak asasi setiap anak. Namun bagi anak jalanan, akses ke pendidikan seringkali terbatas.

“Program ini bertujuan untuk meningkatkan antusiasme anak jalanan di Pasar Leuwiliang terhadap pendidikan dengan menerapkan metode Fun Science Based Learning,”  kata Ketua (PKM) PM IPB University Dea Syalwa Imelda, belum lama ini.

Untuk menyadari pentingnya memberikan kesempatan kepada anak jalanan memperoleh pendidikan yang layak. Tim  PKM PM IPB, Dea Syalwa Imelda bersama 4 orang teman lainnya  menginisiasi program kreativitas yang disebut “The Scientist Junior.”

Dalam hal ini, kata dia, bekerjasama dengan Rumah Harapan Genre menjadi pondasi utama dalam mengimplementasikan program. Terlebih komunitas sosial yang berfokus pada anak jalanan di sekitar Pasar Leuwiliang.

“Mereka membuka ruang bagi anak jalanan untuk bermain, belajar, dan mengembangkan potensi diri. Namun, tantangan yang dihadapi adalah kurangnya antusiasme anak jalanan terhadap proses belajar-mengajar,” katanya.

“Semoga program “The Scientist Junior” menjadi inspirasi bagi masyarakat luas untuk terlibat lebih aktif dalam memajukan pendidikan anak-anak yang membutuhkan, dan membawa perubahan positif yang berkelanjutan dalam masyarakat. Dengan bersama-sama, kita dapat membimbing anak-anak untuk meraih impian mereka dan membangun masa depan yang lebih baik,” tambahnya.

Rumah Harapan Genre yang bersekretariat di lantai atas Pasar Leuwiliang itu disambut baik dan mendukung penuh inisiatif tersebut oleh Kepala Pasar Leuwiliang.

“Kami disini sangat menyambut baik atas program dari mahasiswa IPB ini, karena memang banyak sekali anak-anak di pasar ini yang harusnya bisa mendapatkan pendidikan. Namun harus terpaksa terputus karena kondisi ekonomi dan sebab-sebab lainnya, harapannya program ini bisa membantu anak-anak tersebut,” kata Kepala Pasar Mulyadi.

Dukungan ini memberikan dorongan dan motivasi tambahan bagi tim PKM PM IPB untuk terus melaksanakan kegiatan “The Scientist Junior”.

Tidak kalah penting, Ketua Rumah Harapan Genre Angginun Juwita Sari Harahap, yang telah lama peduli terhadap nasib anak jalanan, sangat berharap bahwa kegiatan ini dapat berkelanjutan.

“Harapan saya semoga segala program yang sudah dijalankan oleh The scientist Junior masih bisa dijalankan untuk kedepannya, dikarenakan programnya sangat menarik minat adik-adik dalam belajar, berpikir kreatif, dan aktif,” ujar Angginun penuh semangat.

Jadi kata dia, pihaknya terus mendukung, baik dari segi fasilitas maupun dukungan tenaga, agar program ini dapat berlangsung secara berkesinambungan.

Melalui program kreativitas ini, mahasiswa membangun sesi-sesi pembelajaran yang menggabungkan Fun Science Based Learning dengan kebutuhan dan minat anak jalanan.

Mereka mendesain eksperimen sederhana yang dapat membantu anak-anak memahami konsep-konsep ilmiah dengan cara yang menyenangkan dan menarik dengan menyebutnya dengan Fun Magic Science Experiment.

Selain itu, program ini juga diselingi dengan berbagai kegiatan menarik seperti Fun Educational Videos dan Fun Educational Games. Melalui kegiatan tersebut anak-anak tersebut menjadi lebih tertarik terhadap kegiatan belajar mengajar yang diadakan di Rumah Harapan genre.

Program kreativitas ini telah memberikan hasil positif dalam meningkatkan antusiasme anak jalanan terhadap pendidikan.

Melalui pendekatan Fun Science Based Learning yang inovatif dan menyenangkan, anak-anak menjadi lebih tertarik dan bersemangat untuk belajar. Mereka melihat pendidikan bukan lagi sebagai beban, tetapi sebagai suatu pengalaman yang menarik.

Di akhir program, tim PKM PM The Scientist Junior juga memiliki program yang tidak kalah bermanfaat untuk meningkatkan antusiasme anak-anak jalanan pada pendidikan yaitu mengajak anak-anak berkeliling ke lokasi edukatif yaitu Kampus IPB University dengan program bernama Fun Outbound Class dengan mengajak anak-anak melihat demo robotik, expo satwa, ecoprinting, dan beberapa kegiatan bermanfaat lainnya.

Semua program-program yang diinisiasi oleh The Scientist Junior diharapkan mampu menumbuhkan keterampilan dan karakter positif anak-anak diantaranya: brave and confident, critical thinking and problem solving, collaboration, responsibility and communication dan manner.

Dukungan dari Kepala Pasar Leuwiliang dan Rumah Harapan Genre memberikan keyakinan bahwa program “The Scientist Junior” memiliki potensi besar untuk memberikan dampak positif yang signifikan dalam jangka panjang.

Melalui sinergi ini diharapkan program tersebut dapat menjadi tonggak awal untuk menciptakan kesempatan lebih banyak bagi anak jalanan dalam mendapatkan pendidikan yang layak dan mengubah arah masa depan mereka menjadi lebih cerah.

** Andres

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles