33.1 C
Bogor
Monday, April 29, 2024

Buy now

spot_img

Gunakan Samisade, Pemdes Batutulis Respons Keluhan Warga

Bangun TPT dan Drainase Cegah Longsor dan Banjir

Nanggung l Jurnal Bogor
Pemerintah Desa Batutulis, Nanggung, Kabupaten Bogor merespons usulan warga, salah satunya membuat drainase untuk mencegah banjir ketika hujan. Termasuk untuk menjawab keluhan warga dengan dibangunnya TPT (Tembok Penahan Tebing) agar tak longsor di bantaran kali Cicaung RW 03  Kampung Pasirgintung Bawah.

“Usulan warga yang dibangun diupayakan bisa  ter-cover, namun pengerjaan secara berkala,” kata Kepala Desa Batutulis Ade Supriatna, Selasa (3/10).

Dia menjelaskan, pengerjaan drainase di sepanjang wilayah RW 03 dan RW 04 Kampung Pasirgintung untuk memperlancar saluran yang berasal limbah dari pemukiman rumah tangga.

“Drainase dibangun, karena  ketika hujan rumah warga terdampak banjir,” jelasnya.

Upaya Pemdes Batutulis juga termasuk rumah warga yang pernah di terjang luapan kali Cicaung. Oleh karenanya bangunan TPT dibantaran kali Cicaung di lingkungan RW 03 Kampung Pasirgintung menjadi prioritas.

“Jelang akhir tahun ini tengah fokus memanfaatkan program Samisade untuk membenahi lingkungan. Tahap pertama, bangunan melalui program Samisade hampir rampung. Adapun usulan  warga  belum  terealisasi tahun ini dimohon untuk  bersabar,” tandasnya.

Sementara itu Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Subagza menjelaskan, pengerjaan drainase untuk kelancaran laju air  dan menjadikan daya dukung aktivitas para petani sebagai penerima manfaat.

“Adanya drainase tentu memperlancar air ke pesawahan warga petani yang berlokasi di Blok Landeuh,” kata dia.

Keberadaan drainase  di RW 02 Kampung Pasirgintung itu memanfaatkan sumber air kali Cimanaracun. Sedangkan pengerjaan TPT di titik lokasi pengerjaan drainase sebagai penyangga mencegah terjadinyanya longsor.

“Ada permukiman yang  tidak jauh dengan lokasi bangunan tersebut. Maka itu, TPT itu dibangun sekaligus mencegah terjadinya longsor,”jelasnya.

Tak hanya itu, jalan di sepanjang drainase yang tadinya hanya setapak, kini dilakukan pelebaran menjadi tiga meter.

“Jalan setapak sudah dilebarkan, ditambah betonisasi jalan lingkungan Kampung Pasirgintung Atas wilayah  RW 02 menuju Pondok Pesantren Hidayatul Iman telah rampung dibangun,” jelas Subagza.

** Arip Ekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles