Home News PPIB Diminta Transparan Soal Dana Hibah

PPIB Diminta Transparan Soal Dana Hibah

jurnalinspirasi.co.id – Pergantian Ketua Pusat Pengembangan Islam Bogor (PPIB) Bogor pada 20 September lalu menuai sorotan. Hal itu lantaran tak semua ormas Islam mendapat undangan pada proses tersebut.

Kepada wartawan, Sekretaris DPC Syarikat Islam Kota Bogor Firdaus mengatakan bahwa dalam 10 tahun terkait pengelolaan PPIB akan berakhir. Kemudian di zaman kepemimpinan Diani Budiarto dikeluarka Perwali nomor 27 tahun 2013 dan regulasi itu mengikat sebagai landasan hukum buat lembaga tersebut.

Namun, sambung dia, berdasarkan informasi mekanisme kepengurusan akan dijalankan tidak melalui mekanisme perwali lagi, tetapi dengan pemilihan dan mengundang elemen organisasi Islam.

“Sebagai masyarakat patutlah mengetahui terkait mekanisme kepengurusan PPIB, menggunakan perwalian ataupun dengan mekanisme pemilihan,” ungkapnya.

Menurutnya, dalam mengembangkan potensi serta pengelolaan PPIB harus transfaran, sebab setiap tahun untuk pengelolaanya setiap tahun diguyur dana hibah yang notabenenya adalah uang rakyat.

Ia berpesan, agar jangan sampai terjadi pengondisian dalam menentukan pengelola PPIB, dan perlu juga pertanggung jawaban pengunaan dana hibah yang selama ini digunakan.

“Apakah dana hibah ini sudah digunakan secara maksimal dalam mengembangan PPIB yang menjadi aset umat islam ini. Dan itu perlu di sampaikan secara terbuka hingga dapat dipahami oleh elemen masyarakat dan organisasi Islam Kota Bogor,” imbuh dia.

Ia menyebut bahwa hal itu perlu dilakukan supaya tidak terjadi fitnah atau penyelewengan anggaran yang dapat merugikan pemerintah dan masyarakat Kota Bogor itu sendiri.

Ia juga meminta peran aktif masyarakat, bahkan Aparat Penegak Hukum (APH) seperti kejaksaan ataupun organisasi islan dalam memantau perkembangan PPIB demi kebaikan bersama.

Ia menilai, masyarakat harus mendapatkan informasi yang jelas mengapa dalam pengelolaan PPIB kedepan tidak dijalankan dengan Perwali lagi. Dan itu harus jawab oleh Pemkot Bogor.

“Perlu perhatian khusus Wali Kota terkiat PPIB ini, semoga masyarakat mendapat pencerahan dalam memajukan peran aktif kepedulian bersama, dan semoga PPIB berdampak positif bagi seluruh organisasi Islam Kota Bogor,” tandasnya.* Fredy Kristianto

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version