26.1 C
Bogor
Sunday, April 28, 2024

Buy now

spot_img

Program Aspirasi, Fathoni Bangun Drainase di Kampung Bakom

Cileungsi | Jurnal Bogor

Program aspirasi anggota DPRD Kabupaten Bogor  Achmad Fathoni kali ini menyasar RT 05 RW 04 Kampung Bakom, Desa Limusnunggal, Cileungsi, Kabupaten Bogor berupa pembangunan drainase. Hal itu dilakukan berdasarkan aspirasi dari masyarakat dan Pemerintah Desa yang memerlukan perbaikan drainase di beberapa titik yang rawan terjadi banjir pada saat musim hujan.

” Di lokasi ini kalau musim hujan air naik ke pemukiman warga karena drainasenya sempit. Apalagi sejak adanya kawasan industri, kalau hujan deras pasti banjir. Makanya kita mengajukan perbaikan drainase,” kata Ketua RT 05 Kampung Bakom, Eno kepada Jurnal Bogor, Rabu (30/8/23).

Menurut dia, persoalan banjir merupakan masalah rutin yang dihadapi oleh warga RT 05 setiap tahun. Oleh karena itu, sudah sejak lama warga mengajukan perbaikan drainase namun belum juga direalisasikan oleh Pemerintah Kabupaten bogor.

“Kita mengajukan perbaikan drainase ini sudah lama sebenernya tapi tidak kunjung diperbaiki. Alhamdulilah sekarang bisa diperbaiki oleh kang Fathoni melalui program aspirasi dewan,” ujarnya.

Sementara itu Kasie Kesra Desa Limusnunggal, Idam Damiri mengatakan, ada beberapa titik drainase yang memang sudah layak mendapat perbaikan karena sudah menyempit dan mengalami pemdangkalan. Hal itu, menurutnya menjadi salahsatu penyebab utama terjadinya banjir di wilayah Kampung Bakom.

“Salahsatu titiknya adalah yang saat ini diperbaiki oleh pak Fathoni melalui aapirasi dewan. Mudah-mudahan hal ini dapat mengurangi banjir di Kampung Bakom pada saat musim hujan nanti,” tukasnya.

Selain itu, lanjut Idam atasnama Pemerintah Desa,  dirinya menyampaikan terima kasih atas kepedulian Achmad Fathoni terhadap kebutuhan pembangunan infrastruktur di Desa Limusnunggal. Hal tersebut menurutnya sangat membantu pemerintah desa dalam mengatasi persoalan di masyarakat, khususnya terkait banjir.

“Saya sampaikan terima kasih kepada pak Fathoni yang sudah menyalurkan aspirasinya di Kampung Bakom ini. Mudah-mudahan ke depan bisa dilanjutkan ke titik berikutnya yang masih terhubung dengan drainase yang diperbaiki saat ini,” ujarnya.

Menanggapi hal itu, Achmad Fathoni mengatakan, proses pembangunan di desa diperlukan sinergitas antara pemerintah desa dan anggota dewan. Karena program aspirasi dari dewan merupakan penyelarasan antara program yang diajukan oleh Pemerintah Desa melalui Musrenbang.

“Oleh karena itu saya menekankan pentingnya komunikasi antara anggota DPRD dengan kepala desa terkait program pembangunan di desa. Sehingga program tersebut dapat diselaraskan dan direalisasikan,” kata Fathoni.

Ia berharap, program aspirasi tersebut dapat bermanfaat dan menjadi solusi dalam menangani permasalahan warga pada saat musim hujan. Ia pun mengajak warga agar bersama-sama menjaga dan merawat drainase agar dapat berfungsi dengan baik.

“Ke depan ini tentunya menjadi tanggungjawab bersama, khususnya warga agar drainase tetap berfungsi, tidak menyempit dan dipenuhi sampah,” tandasnya.

** Taufik/Nay

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles