27.3 C
Bogor
Tuesday, May 21, 2024

Buy now

spot_img

Cikahuripan Marak Pencuri Kotak Amal

Klapanunggal | Jurnal Bogor

Beberapa pekan terakhir di Desa Cikahuripan, Klapanunggal, Kabupaten Bogor, banyak ditemukan kasus pencurian kota amal milik masjid dan mushola. Dalam dua pekan terakhir, setidaknya ada tiga kasus pencurian kotak amal dari beberapa kampung di Desa Cikahuripan. Warga berharap, pelaku pencurian kotak amal tersebut dapat segera ditangkap.

“ Iya sekarang lagi banyak kasus pencurian kotak amal di Desa Cikahuripan. Tidak hanya kotak amal yang ada di masjid. Kotak amal di mushola juga jadi incaran para pencuri kotak amal tersebut,” kata Sekdes Cikahuripan Encin kepada Jurnal Bogor, Senin (14/8/23).

Menurut dia, kasus ini mulai muncul sejak Juli hingga Agustus 2023. Berdasarkan laporan dari masyarakat, sedikitnya sudah terjadi tiga kali pencurian kotak amal dari dua masjid dan satu mushola di Desa Cikahuripan.

“Dari laporan Masyarakat sudah ada sedikitnya tiga kali kasus pencurian amal. Dengan cara kotaknya dibawa kabur dan ada juga yang merusak gembok kotak amal lalu mengambil uangnya,” kata dia.

Encin mengatakan, dari tiga kasus tersebut, warga belum mengetahui ciri-ciri pelaku. Karena pada saat kejadian tidak ada satu pun warga yang mengetahui. Terlebih di dekat tempat kejadian tidak ada CCTV yang merekam kejadian tindak pencurian tersebut.

“ Warga tahunya pas sudah tidak ada dan kotak amal yang ada sudah dalam kondisi tidak tergembok. Ketika ditanyakan kepada lingkungan, tidak ada satu pun warga yang mengetahui tindakan pencurian tersebut,” ujarnya.

Untuk mengantisipasi terjadinya kembali tindakan pencurian kotak amal tersebut, Encin mengaku sudah berkordinasi dengan warga, pengurus masjid atau mushola maupun dengan pihak kepolisian. Hal itu guna meningkatkan kewaspadaan terhadap orang-orang yang tidak dikenal yang berada di lingkungan atau mendatangi masjid.

“Kemungkinan nanti kami akan pasang CCTV di mushola atau masjid di Desa Cikahuripan. Jadi jika ada kejadian seperti ini bisa direkam oleh kamera dan bisa diketahui siapa pelakunya,” Kata Encim.

** Taufik/Nay

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles