32.6 C
Bogor
Monday, April 29, 2024

Buy now

spot_img

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Solusi Bangun Indonesia Gelar Aksi Sedekah Sampah Bersama

Klapanunggal | Jurnal Bogor

Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) – Pabrik Narogong menggelar Aksi SESAMA (Sedekah Sampah Bersama), sebuah kegiatan yang mengajak seluruh karyawan untuk mensedekahkan sampah seperti plastik, kertas, logam dan kaca yang telah dipilah untuk didaur ulang oleh bank sampah binaan CSR Community Relations SBI Pabrik Narogong menjadi sesuatu yang bermanfaat. Aksi SESAMA ini dilakukan di Gedung Serbaguna Pabrik Narogong, 5 Juni 2023.

Dalam tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun ini “Beat Plastic Pollution”, masyarakat diharapkan mampu berperan aktif serta mengambil tindakan nyata untuk menjaga lingkungan khususnya dalam mengurangi pemakaian dan polusi plastik.

General Manager SBI Pabrik Narogong, Erwin Halomoan Purba mengatakan, permasalahan sampah terus menjadi salah satu tantangan utama yang dihadapi masyarakat global saat ini. Seiring dengan pertumbuhan populasi dan pola konsumerisme yang semakin tinggi, volume sampah yang dihasilkan juga meningkat dengan cepat. Tumpukan sampah yang tak terkendali telah menciptakan masalah lingkungan yang serius dan membutuhkan upaya kolaboratif untuk menanggulanginya.

“Kami menyadari bahwa persoalan ini menjadi tanggung jawab kita bersama. Oleh karena itu, SBI terus mendorong beragam inisiatif penanganan sampah/limbah perkotaan yang sejalan dengan visi dan misi perusahaan untuk mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs) 2030”, tutur Erwin Halomoan Purba, General Manager SBI Pabrik Narogong.

Menurutnya, Melalui Aksi SESAMA, SBI Pabrik Narogong berhasil mengumpulkan 568,5 kg sampah kertas, 10,7 kg sampah logam, 70 kg sampah plastik, serta 10,7 kg sampah kaca dari hasil housekeeping dan pemilahan dari rumah yang langsung disetorkan ke bank sampah untuk dimanfaatkan kembali. Salah satu bank sampah binaan SBI Pabrik Narogong merasa sangat terbantu dengan partisipasi dan kepedulian perusahaan pada kegiatan kali ini.

Di sisi lain, Erwin berharap kolaborasi ini bisa terus dilakukan agar dapat mendorong perubahan perilaku pemilahan sampah di tingkat individu dan komunitas untuk lebih peduli terhadap lingkungan yang berkelanjutan.

“Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia hanya satu momentum, tapi kita perlu mengadopsi kebiasaan yang ramah lingkungan agar dapat berkontribusi dalam menjaga keindahan dan keberlanjutan planet ini demi #MasaDepanYangKitaMau. Kami juga mengapreasi keterlibatan 9 bank sampah binaan CSR SBI Pabrik Narogong dalam membantu menyukseskan aksi ini. Semoga upaya kita untuk melindungi dan melestarikan lingkungan dapat dilakukan secara berkelanjutan”, tutup Erwin.

Sementara perwakilan Bank Sampah Cahaya Mandiri, Encim mengatakan program bank sampah ini sangat membantu dan mempunyai nilai positif dimasyarakat.

“Dari jumlah yang kami terima (sampah), rata-rata masih memiliki nilai yang dapat diolah menjadi produk yang lebih berharga. Tentunya ini sangat membantu kami untuk meningkatkan perekonomian”, kata Encim, perwakilan Bank Sampah Cahaya Mandiri.

Untuk diketahui, Tentang PT Solusi Bangun Indonesia Tbk. PT Solusi Bangun Indonesia Tbk adalah sebuah perseroan terbuka yang mayoritas sahamnya (83,52%) dimiliki dan dikelola oleh PT Semen Indonesia (Persero) Tbk atau SIG. Perseroan menjalankan usaha yang terintegrasi dari semen, beton siap pakai, agregat dan layanan pengelolaan limbah yang mengoperasikan empat pabrik semen di Narogong (Jawa Barat), Cilacap (Jawa Tengah), Tuban (Jawa Timur), dan Lhoknga (Aceh), dengan total kapasitas 14,8 juta ton semen per tahun, dan mempekerjakan lebih dari 2.000 orang. 

** Nay Nur’ain

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles