24.6 C
Bogor
Friday, February 23, 2024

Buy now

spot_img

Keluhan Pedagang Dicuekin Pengelola Pasar Ciawi

Ciawi | Jurnal Bogor

Keluhan serta kekhawatiran sejumlah pedagang Pasar Ciawi, Kabupaten Bogor, tentang kondisi salah satu titik area parkir yang mengalami amblas, sepertinya hanya dianggap angin lalu oleh pihak pengelola Unit Pasar Tohaga Ciawi. 

Karena hingga kini, titik amblas berdiameter sekitar 2 x 3 meter dan mengalami retak yang semakin menjalar itu tak kunjung diperbaiki pihak pengelola pasar. 

“Mungkin pihak unit pasar nunggu area ini amblas semua, nanti baru diperbaiki. Ini kan sudah cukup lama, dan sekarang retaknya sudah menjalar kemana – mana, harusnya segera diperbaiki,” keluh H Miftah, penasehat Forum Silaturahmi dan Musyawarah Pedagang Pasar Ciawi (Forsim – PPC), Kamis (15/9). 

Menurutnya, setiap kali hujan turun, luapan air dari titik amblas yang berlubang itu kerap menggenangi kios para pedagang yang berada di blok belakang atau di blok paling bawah. 

“Di bawah lubang itu ada saluran air atau gorong – gorong yang merupakan saluran air utama. Dan karena sekarang area parkir berlubang, setiap kali hujan turun air dari saluran meluap dan imbasnya ke kios pedagang yang ada di blok paling bawah,” terangnya. 

Lanjut dia, jika tidak segera diperbaiki, ia khawatir dalam beberapa waktu ke depan, lubang tersebut akan semakin melebar dan menimbulkan dampak yang semakin besar. 

“Ya lihat aja nanti, kalau tidak segera diperbaiki dampaknya bakalan seperti apa. Apalagi sekarang gorong – gorong nya juga sudah retak, nanti kalau sudah rusak dan air tersumbat pasti bakalan banjir kemana – mana,” tandasnya. 

Sandi, pedagang lainnya juga mengeluhkan hal serupa. Terlebih posisi titik yang amblas berada tepat di samping kios miliknya. Selain mengancam mengganggu aktivitasnya, kondisi itu juga dikhawatirkan mengancam keselamatan. 

“Ya jelas khawatir lah, apalagi sekarang curah hujan tinggi, saya was – was takut lubangnya makin melebar dan mengancam keselamatan. Tapi kok aneh pihak unit pasar malah kayak gak peduli,” ucapnya dengan nada kesal. 

Jika dalam waktu dekat tak kunjung ada perbaikan, para pedagang pun berencana mendatangi kantor pusat Perumda Pasar Tohaga. Dan jika tidak ada respon positif, kemungkinan besar para pedagang akan melakukan aksi demonstrasi. 

Selain pedagang, kondisi itu juga turut dikeluhkan pengunjung. Tak sedikit pengunjung yang mengeluhkan lambannya penanganan pihak Unit Pasar Tohaga Ciawi yang berada di bawah pengelolaan Perumda Pasar Tohaga Kabupaten Bogor tersebut. 

“Iya aneh, sudah lama rusak kok belum juga diperbaiki. Lama – lama retakannya semakin menjalar dan bisa membahayakan warga pasar atau pengunjung,” kata Ranti, pengunjung asal Desa Cibedug. 

Seharusnya kata dia, pihak pengelola pasar segera memperbaiki kerusakan area parkir tersebut agar tak menyisakan kekhawatiran bagi warga pasar, serta tidak mengganggu kenyamanan pengunjung pasar semi modern tersebut. 

“Ya kok aneh sih, bukannya diperbaiki, ini kan bagian dari fasilitas pasar untuk pengunjung yang seharusnya diperhatikan, bukan malah dibiarkan. Bahaya loh ini kalau dibiarkan terus. Masa tidak ada anggarannya sih, pasar ini kan dikelola pemda yang pastinya ada anggarannya dong,” cetusnya. 

Sebelumnya, saat dikonfirmasi melalui telepon selularnya, Kepala Unit Pasar Tohaga Ciawi, Dadang Mulyadi tidak memberikan tanggapan apapun. Begitu pun dengan Direktur Umum (Dirum) PD Pasar Tohaga, Dadun Abdurazaq yang juga tak memberikan komentar saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp.

** Deny

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,832FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -

Latest Articles