Bima Diusulkan Jadi Balon Capres

0
Bima Arya

Bogor | Jurnal Bogor

DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Bogor telah menuntaskan agenda Rapat Kerja Daerah (Rakerda) yang dilangsungkan di Bigland Hotel Int’l & Convention Hall, Bogor Tengah, Kota Bogor, Sabtu (25/6).

Selain membahas program kerja dan strategi pemenangan PAN di kota hujan, Rakerda yang bertajuk ‘PAN Memilih 2024’ tersebut juga menghasilkan usulan 10 nama bakal calon presiden dan calon wakil presiden (capres/cawapres).

Ketua Pelaksana Rakerda PAN Kota Bogor Niki Aditya Chaidir menjelaskan, dari sepuluh nama yang diusulkan, tiga nama diantaranya berasal dari internal PAN, yakni Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan, Sekjen DPP PAN Eddy Soeparno, hingga Ketua DPP PAN yang juga Wali Kota Bogor Bima Arya.

“Yang dari eksternal ada tujuh nama, yaitu Ridwan Kamil, Erick Thohir, Andika Perkasa, Anies Baswedan, Sandiaga Uno, Haedar Nasir, dan Gatot Nurmantyo,” ungkap Niki.

Ia menyebut, sebelumnya ada sekitar 17 nama yang masuk sebagai usulan dari berbagai kalangan masyarakat, kemudian dalam Rakerda dikerucutkan menjadi 10 nama.

“Figur-figur capres dan cawapres ini yang menurut hasil Rakerda PAN Kota Bogor layak dan pantas untuk maju dalam kontestasi Pilpres 2024,” kata Niki.

Sementara itu, Sekretaris DPD PAN Kota Bogor Fajari Aria, menambahkan, sebelum mengusulkan nama-nama bakal capres dan cawapres, pihaknya melakukan roadshow ke sejumlah tokoh untuk mendengar aspirasi, mulai dari pemuka agama, tokoh pemuda, pengusaha dan tokoh masyarakat lainnya yang ada di Kota Bogor.

“Figur bakal capres dan cawapres yang diusulkan harus memiliki 5 kriteria yang ditetapkan DPP. Pertama, harus merupakan sosok yang nasionalis dan religius. Kedua, patut memiliki rekam jejak kepemimpinan yang kuat,” jelasnya.

“Lalu ketiga, harus berpihak pada kelanjutan generasi. Keempat, harus memiliki semangat inovasi dan kolaborasi. Dan kelima, harus berwawasan Nusantara dan memiliki perspektif global. Kami rasa kriteria itu ada pada 10 figur yang kami usulkan,” terangnya.

Nama-nama tersebut, lanjut Fajari, akan menjadi bahan rekomendasi di Rakerwil Jawa Barat dan Rakernas PAN. “Semoga salah satu nama tersebut dapat lolos hingga tingkat nasional, tentunya berharap ada dari internal PAN sendiri,” pungkas Fajari.

** Fredy Kristianto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here