28.8 C
Bogor
Saturday, April 20, 2024

Buy now

spot_img

Pendapatan Pajak Restoran Melonjak

JURNAL INSPIRASI – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) memasang target Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun 2022 sebesar Rp1,1 triliun. Sektor Pajak Daerah diharapkan dapat menembus Rp774,1 miliar.

Diketahui, saat ini realisasi penerimaan Pajak Daerah baru menyentuh Rp356,5 miliar atau setara 46,06 persen.

Kepada wartawan, Sekretaris Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Bogor Lia Kania Dewi mengatakan raihan pendapatan itu terhitung hingga akhir Juni 2022. Walau masih dibawah 50 persen, namun bila dibandingkan dengan realisasi Pajak Daerah pada periode yang sama di tahun lalu, mengalami peningkatan.

“Pada waktu yang sama tahun lalu itu capaiannya Rp305,3 miliar. Artinya ada peningkatan dibandingkan di tahun lalu,” jelasnya.

Menurut dia, dari beberapa sektor Pajak Daerah, Pajak Restoran, Pajak Hotel dan Pajak Hiburan jadi tiga sektor yang capaiannya meningkat tajam dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu.

“Sampai Juni 2022, realisasi penerimaan Pajak Restoran mencapai Rp82,2 miliar atau setara 58 persen dari target yang ditetapkan,” ungkapnya.

Jika dibandingkan penerimaan pajak restoean pada Juni 2021, angkanya hanya menyentuh Rp55,5 miliar. Sementara realisasi Pajak Daerah dari sektor Pajak Hotel juga meningkat dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu.

“Sampai Juni 2022, penerimaan Pajak Hotel sudah mencapai Rp41,5 miliar atau setara 43,7 persen dari target. Sementara Juni tahun lalu, realisasi Pajak Hotel Rp31,6 miliar,” tuturnya.

Kemudian, sambung dia, untuk Pajak Hiburan juga mengalami peningkatan. Sebab, hingga saat ini sudah mencapai Rp8,5 miliar atau setara 26,8 persen dari target. “Tahun lalu hanya Rp3,4 miliar. Dsri tiga sektor pajak itu ada peningkatan Rp42 miliar pada Juni ini,” ungkapnya.

Peningkatan itu, kata Lia, lantara.ln adanya pelonggaran kebijakan pandemi Covid-19. Ia berharap, berbagai kelonggaran kebijakan dapat menggenjot realisasi penerimaan pajak daerah Kota Bogor hingga akhir 2022.

“Sehingga kita bisa memenuhi target penerimaan pajak daerah yang ditetapkan untuk Kota Bogor pada tahun 2022,” tandasnya.** Fredy Kristianto

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles