29.6 C
Bogor
Wednesday, May 15, 2024

Buy now

spot_img

Beri Manfaat, Gapensi Dukung Samisade

Bogor Timur | Jurnal Bogor

Program Satu Miliar Satu Desa (Samisade) yang digadang – gadang oleh Bupati Bogor Ade Yasin sebagai program unggulan  mendapatkan apresiasi dari Gabungan Pengusaha Kontruksi (Gapensi) Kabupaten Bogor. Pasalnya program tersebut dapat menjadi stimulus pembangunan dan perekonomian pedesaan terutama pasca pandemi Covid-19 ini manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyrakat banyak.

“Program Samisade merupakan program yang perlu didukung karena bersifat padat karya sehingga manfaatnya dapat dirasakan langsung secara masif oleh masyarakat pedesaan , serta dapat dijadikan stimulus dalam pembangunan dan pergerakan roda kegiatan perekonomian diwilayah pedesaan ,dan pada akhirnya akan terakumulasi pada sebuah gerakan ekonomi dan pembangunan yang massif bagi wilayah yang lebih besar yaitu Kabupaten Bogor. Oleh sebab itu saya memberikan apresiasi bagi program yang telah dicanangkan Ibu Bupati Bogor Ade Yasin,” ujar Ketua Gapensi Kabupaten Bogor  Hilal Firmansyah, kepada Jurnal Bogor, Minggu (24/4).

Mmenurutnya Program Samisade adalah terobosan baru yang patut diapresiasi serta perlu didukung sepenuhnya. Selain memberikan apresiasi, Hilal Firmansyah juga memberikan masukan agar dalam pelaksanaannya kedepan Samisade dapat juga melibatkan para pengusaha sektor konstruksi terutama yang berasal dari wilayah tersebut.

Upaya ini diharapakan tujuan yang ingin dicapai dalam program Samisade dapat capai secara lebih optimal, karena pengusaha konstruksi ini merupakan profesional di bidangnya , dan sudah biasa melakukan pekerjaan sesuai dengan standar konstruksi yang berlaku.

Bahkan hasil pembangunan dapat lebih efisien dan dapat dipertanggung jawabkan dan Gapensi sebagai salah satu wadah pengusaha konstruksi terbesar dan tertua di Indonesia, akan siap bersinergi dalam program ini dalam hal menyediakan pengusaha-pengusaha yang profesional di bidang konstruksi.

“Apabila Pemda Kabupaten Bogor memerlukan pendampingan atau kemitraan dengan pengusaha jasa konstruksi , kami siap membantu sebagai bentuk komitmen dan dukungan  kami kepada pembangunan di wilayah Kabupaten Bogor secara umun serta secara khusus dalam menyuksesan program Samisade dengan melibatkan pengusaha jasa konstruksi terutama yang berada di wilayah desa tersebut.

“Nantinya dapat memaksimalkan hasil atau output dari kegiatan, serta bisa meminimalisirkan temuan yang bisa saja terjadi akibat kesalahan administrasi proyek. Padahal belum tentu temuan tersebut terjadi karena adanya penyimpangan pelaksanaan di lapangan, namun bisa terjadi karena adanya mal administrasi saja. Oleh sebab itu  administrasi proyek seperti RAB, gambar rencana, shop drawing, asbuilt drawing, mutual check  final check, dan lain-lain yang dibutuhkan sebagai backup pelaksanaan pekerjaan  akan dikerjakan oleh kontraktor ,sehingga akan memudahkan jika terjadi audit pelaksanaan nantinya,” papar Hilal.

Selain administrasi proyek, jelanya, pengusaha jasa konstruksi sudah tentu mempunyai tenaga ahli atau terampil yang bersertifikat kompetensi. Karena regulasi perizinan jasa konstruksi saat ini mensyaratkan tenaga kerja konstruksi harus bersertifikat untuk setiap subklasifikasi yang dimiliki oleh badan usaha jasa konstruksi. Sleh sebab itu tenaga ahli atau terampil yang dimiliki badan usaha dapat dimanfaatkan untuk kelancaran pelaksanaan program Samisade ini.

Selain masalah administrasi proyek tadi, tenaga kerja konstruksi yang dimiliki badan usaha jasa konstruksi juga dapat dilibatkan dalam pembangunan sehingga bisa memperlancar pelaksanaannya,“ jelas Hilal

Pada akhirnya , agar semua tujuan serta capaian hasil dari program Samisade ini dapat tercapai secara baik, dia  mengajak serta menghimbau kepada semua pihak dari segala unsur agar dapat memberikan masukan serta kontribusi positif,dalam bentuk apapun kepada Pemerintah Kabupaten  Bogor untuk dapat bersama-sama mensukseskan program Samisade ini karena program ini adalah program “dari dan untuk kita semua”.

“ Program Samisade konsepnya sudah bagus , dan akan berjalan sesuai harapan jika semua pihak yang ada di Kabupaten Bogor ini bisa sama-sama memberikan kontribusi positif dalam membantu kelancaran program ini. Saya mengajak kepada semua pihak yang ingin bersama-sama memajukan Kabupaten Bogor , untuk dapat membantu serta memberikan kontribusinya kepada Pemda agar program ini dapat sukses terlaksana karena program ini adalah dari masyarakat dan untuk masyarakat Kabupaten Bogor,” tandas Hilal.

** Nay Nur’ain

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles