26.6 C
Bogor
Monday, May 6, 2024

Buy now

spot_img

Kades Sirnagalih Sulap Trotoar Jadi Pusat Jajanan

Jonggol | Jurnal Bogor

Kepala Desa Sirnagalih Ahmad Anwar meresmikan kios jajanan di trotoar Kantor Desa Sirnagalih, Jonggol, Kabupaten Bogor. Ditempat ini akan dijual  berbagai jajanan tradisional yang  merupakan   produk asli dari para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di Desa Sirnagalih.

“Pembukaan pusat jajanan ini merupakan program  Bumdes untuk mendukung tumbuhnya perekonomian rakyat, dengan menempatkan para pedagang secara spesifik sesuai dengan jenis dagangannya,” ungkap Ahmad Anwar kepada Jurnal Bogor, Sabtu (23/04/22).

Menurutnya, disulapnya trotoar menjadi pusat segala jenis jajanan ini untuk memajukan ekonomi warga. Hal ini dilakukan untuk pemanfaatan lahan yang dapat dipergunakan sebagai salah satu sumber pendapatan warga agar UKM warga  Desa Sirnagalih  berjalan dengan baik. Bahkan sebagai salah satu cara untuk memperkenalkan dan membantu pengembangan UKM masyarakat  desa  dalam hal pemasaran.

“Kami memilih  trotoar kantor desa  karena tempatnya strategis  berada di jalan utama Transyogi Jonggol menuju Cianjur , Karawang dan Kabupaten Bandung dan setiap hari libur banyak sekali masyarakat yang melintas baik menggunakan sepeda motor , roda empat atau lebih,” paparnya.

Ia menjelaskan, ke depannya hasil olahan jajanan pasar  akan dipasarkan keluar wilayah  desa,  dan dia yakin makanan tradisional masih mampu bersaing dengan makanan modern lainnya.

“Maka dari dibuk nya warung jajanan diharapkan mampu menjadi sebuah solusi bagi para petani. Petani bisa menjual hasil bumi kepada kelompok UKM.  Wrung jajanan  diharapkan menjadi salah satu cara untuk membangun pemberdayaan masyarakat, sehingga masyarakat mampu mandiri dan menjadi pengusaha yang sukses,” tuturnya

Ia pun mengajak para pengusaha jajanan  untuk optimis berhasil. Ditambah dengan adanya pendampingan, harapannya tidak terjadi pelaku UKM yang mengalami kebangkrutan.

“Setiap keluhan dari pelaku UKM tetap kita pikirkan untuk mencari solusi yang terbaik. Sudah saatnya kita percaya diri dan mampu untuk menjalankan usaha jajanan pasar tersebut untuk keberhasilan bersama,” pungkasnya.

** Nay / Ramses

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles