29.4 C
Bogor
Friday, March 29, 2024

Buy now

spot_img

Salurkan Bantuan RTLH dari Perumda Tirta Pakuan, Dedie: Anggaran Pemkot Bogor Terbatas

Bogor | Jurnal Inspirasi

Untuk membantu persoalan masyarakat, Wakil Wali Kota Bogor Dedie A. Rachim menegaskan bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor tak bisa sendiri. Apalagi, ditengah keterbatasan anggaran yang dimiliki pemkot saat ini. 

Hal itu Dedie katakan saat kegiatan pemberian bantuan rumah tidak layak huni (RTLH) dari CSR Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Pakuan Kota Bogor, Selasa (24/8/2021), beberapa waktu lalu.

Bantuan tersebut diberikan kepada dua kepala keluarga di dua lokasi yang berbeda. Yakni renovasi RTLH atas nama Kosasih di RT 5 RW 4 Kelurahan Kedung Jaya, Kecamatan Tanah Sareal dan renovasi RTLH milik Ana di RT 2/12 Kampung Muara Babadak, Kelurahan Sindangrasa, Kecamatan Bogor Timur. 

“Hari ini kita kunjungi dua lokasi rumah warga yang perlu dibantu oleh pemerintah. Tapi kan keterbatasan anggaran pemerintah, tidak bisa tertanggulangi sendiri. Oleh karena itu saya sangat berterimakasih atas peran serta dan kontribusi dari PDAM,” kata Dedie. 

Terpisah, Direktur Utama Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor, Rino Indira Gusniawan menambahkan, untuk tahun 2021 ini saja ada total enam rumah yang direnovasi. Tentunya dengan nilai renovasi yang berbeda – beda. 

“Memang setiap tahun itu kita alokasikan CSR kita untuk rumah tidak layak huni. Kita pakai untuk satu kecamatan satu (bantuan RTLH). Untuk tahun ini kita sudah enam bantuan RTLH yang kita salurkan,” kata Rino. 

Para penerima bantuan RTLH ini, kata Rino, sudah melewati serangkaian proses seleksi dan survei sebelumnya. Terutama untuk mensurvei kelayakan rumah tersebut. Untuk kemudian, bantuan tersebut diberikan sesuai dengan anggaran yang diberikan. 

“Tapi kadang kita sesuaikan dengan kondisi keluarga. Misalnya bapaknya tidak kerja, maka kita buatkan juga tempat berjualan. Jadi ada sejenis toko atau kios di teras rumahnya untuk berjualan,” sambung Rino. 

Masih kata Rino, bantuan ini tidak hanya diberikan bagi warga Kota Bogor. Namun juga diluar daerah dimana menjadi sumber – sumber mata air untuk distribusi ke Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor. 

Handy Mehonk | *

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles