28.8 C
Bogor
Saturday, April 20, 2024

Buy now

spot_img

Penerima BPNT Desa Cisalada Keluhkan Item Diterima

Cigombong | Jurnal Inspirasi

Warga Desa Cisalada, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, keluhkan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang diterima mereka. Sebab, bantuan yang diterima beberapa hari lalu, berbeda dengan bantuan yang diterima sebulan lalu.

 “Padahal bulan lalu kami dapat BPNT juga, tapi berbeda item yang kami terima antara bulan ini dengan bulan lalu,” ungkap salah seorang penerima BPNT Desa Cisalada bernisial MN.

Menurutnya, item paket saat ini, hanya satu karung beras seberat 10 kilogram, 10 butir telur, 3 buah Pear, tahu serta 5 potong ikan tongkol.

 “Isiannya pasti berbeda dengan penerimaan awal, dimana saat itu, ada beras, ayam potong, vitamin tahu dan tempe serta telur dan buah apel,” ujar MN.

Selain isian paket tidak sama, dijelaskan MN, pemberian bantuan ini juga hanya dilakukan satu kali dengan prosedur yang berbeda. Sementara, ada penerima lain sudah hampir tiga kali mendapatkan bantuan BPNT ini

 “Kalau sebelumnya kita ngambil bantuan di desa, sekarang di salah satu toko yang diduga bukan agen resmi,” paparnya.

Kecurigaan-kecurigaan ini yang membuat dirinya sempat bertanya-tanya,”Kok setiap penerima bantuan mendapatkan paket beda-beda, ada yang sudah tiga kali tapi ada juga yang baru satu kali,” bebernya

Sementara, Tenaga Kesejahtraan Sosial Kecamatan (TKSK) Kecamatan Cigombong, Iye Komarudin menyesalkan adanya agen, selain agen resmi yang ditunjuk Bank mandiri.

Namun begitu, kejadian seperti ini bukan hanya di Desa Cisalada saja ada agen tidak resmi,

“Untuk Kecamatan Cigombong ada dua lokasi agen yang tidak resmi satu di Desa Cisalada dan Desa Ciburuy,” ucap Iye kepada wartawan yang juga sebagai pendamping agen.

Padahal jelas Iye, tidak boleh ada agen diluar agen resmi. “Tidak boleh ada agen lain selain agen resmi yang ditunjuk oleh Bank Mandiri, dan itu sudah melanggar, tindakan apa yang harus dilakukan terhadap agen tidak resmi itu ada di pihak Pemerintah Desa,” tandasnya.

** Dede Suhendar

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles