29.9 C
Bogor
Thursday, March 28, 2024

Buy now

spot_img

Samisade di Cisarua Prioritaskan Penataan Jalan

Nanggung l Jurnal Inspirasi

Anggaran Samisade (Satu Miliar Satu Desa) di Desa Cisarua, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor digunakan untuk pembangunan  jalan poros antardusun dengan pengerjaanya dimulai dari Kampung Langkob hingga Kampung Ciparay. Pada Launching Program Samisade di Desa Cisarua memprioritaskan penataan jalan yang berstatus jalan desa 1.400 meter dengan lebar 2,5 meter.

Kepala Desa Cisarua H Ipid Idris menerangkan, titik lokasi pembanguan dimulai dari kampung Langkob di lingkungan  RW 05 hingga RW 10. Sekitar tahun 2017 hingga 2018 lalu, jalan itu telah dilebarkan dan dengan Samisade dilakukan pengerasan jalan oleh puluhan warga.

“Program Samisade yang diberikan Bupati Bogor Ade Yasin dipergunakan pembangunan pengerasan dan betonisasi. Tahap awal adalah 40 persen pengerjaan pengerasan jalan, sementara tahap kedua 60 persen nanti akan dilaksanakan finishing pada bangunan betonisasi,” ujar H Ipid Idris.

“Kami hanya meneruskan pembangunan Pemerintah Desa yang lama, karena status jalan itu sudah dilebarkan sebelumnya,” sambung Sekretaris Desa Cisarua Ali Akbar.

Pembangunan jalan itu sudah lama dinanti masyarakat. Karena jalan itu merupakan akses alternatif bagi kedua warga di Dusun 02 dan Dusun 03.

Sementara Launching Program Samisade dihadiri Camat Nanggung Ae Saefuloh, Kapolsek Nanggung AKP Dedi Hermawan dan Danramil Nanggung Kapten Caj Sumingyo, tokoh agama dan masyarakat.

Sebelumnya Camat Nanggung menyebutkan bahwa anggaran Samisade yang bersumber dari APBD Kabupaten Bogor merupakan program Bupati Bogor yang dalam pemanfaatannya diminta harus tepat sasaran. “Kami harap anggaran tersebut dimanfaatkan secara maksimal dan akuntabel,” ujar Ae Saepuloh.

Menurutnya, pagu indikatif melalui Program Samisade  sesuai perencanaan pembangunan dan jumlah anggaran yang telah dikucurkan Pemerintah Kabupaten Bogor.

** Arip Ekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles