26.1 C
Bogor
Sunday, April 28, 2024

Buy now

spot_img

Wangunjaya Manfaatkan Samisade Bangun Jalan

Leuwisadeng l Jurnal Inspirasi

Puluhan warga Desa Wangunjaya, Kecamatan Leuwisadeng, Kabupaten Bogor mengawali pengerjaan pelebaran jalan Kampung Batu Dua menuju Kampung Cipayung di wilayah RT 02 RW 05 dan RW 10 dari program Satu Miliar Satu Desa (Samisade) dengan sistem Padat Karya Tunai (PKT).

Kepala Desa Wangunjaya Hanafi mengatakan, anggaran Samisade selain digunakan pemberdayaan masyarakat dengan dilaksanakan PKT, juga pemanfaatannya untuk membangun insfrastruktur. Acara pengerjaan jalan tersebut ditandai dengan pemukulan gong.

Sedangkan Jalan Kampung Batu Dua dibangun sepanjang 630 meter dengan lebar 3 meter dimana kondisinya sudah dilakukan  pengerasan sejak 7 tahun lalu. Nah, sekarang sebagian jalan itu dilebarkan.

“Sebanyak 60 orang dari warga desa, sudah  beberapa hari terakhir ini  melaksanakan kegiatan PKT dengan cara bergilir,” ujar Hanafi kepada Jurnal Bogor, Kamis (29/7).

Jalan itu kata dia merupakan akses antar kampung  termasuk  mempermudah laju sektor pertanian. “Keberadaan jalan yang tadinya hanya  setapak kini dengan pengerjaan aspal hotmix,” ujar Hanafi.

Tak hanya itu, pengalokasian anggaran Samisade juga digunakan pembangunan akses jalan sepanjang 100 meter, berikut pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT) dan gorong- gorong di Kampung Cepaknangka d ilingkungan RW 07.

“Sebenarnya jalan itu udah ada, namun pada Januari 2020 lalu tergerus longsor sehingga Kampung Cepaknangka  salah satu prioritas pembangunan TPT dan pengerjaan jalan,” jelasnya.

** Arip Ekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles