Vaksinasi Covid-19 di Parung dan Kemang Membeludak

0

Parung | Jurnal Inspirasi

Vaksinasi massal Covid-19 pada Rabu (14/7/2021) digelar hampir di setiap  kecamatan dan desa di Kabupaten Bogor. Namun antusiasnya warga untuk melakukan vaksinasi ternyata tidak dibarengi dengan protokol kesehatan (prokes) menjaga jarak.

Seperti yang terjadi di dua kecamatan di wilayah utara yakni Kecamatan Parung dan Kemang banyak warga yang hendak melakukan vaksinasi membuat antrean hingga membeludak bahkan terpantau tidak menjaga jarak.

Di Parung, hampir seribu lebih warga yang sudah antre sejak pagi hingga membeludak dan berdempetan tanpa menjaga jarak. “Saya antre sejak pagi, cukup ramai warga yang antre tanpa menjaga jarak, takut sih, tapi untuk mendapatkan vaksinasi rela antre meskipun kondisinya seperti ini,” kata Arum, warga Pamagarsari yang antre kepada wartawan, Rabu (14/7/2021).

Menurut Camat Parung, Yudi Santosa, vaksinasi massal ini instruksi Bupati Bogor bahwa setiap kecamatan mengadakan kegiatan vaksinasi massal dengan sasaran 2000 orang. “Sesuai kesepakatan tenaga kesehatan ada 26 orang, petugas admin 20 orang, dan kita lakukan secara serentak untuk warga se-Kecamatan Parung dan ini gratis,” katanya.

Lebih lanjut  vaksinasi massal ini diselenggarakan khusus warga Kecamatan Parung. “Warga Parung  yang kita layani, tapi ternyata ada karyawan pabrik yang datang bergerombol, jadi ada tuduhan kalau kita yang memfasilitasi, itu tidak benar, pabriklah yang memfasilitasi mereka,” katanya.

Terkait antrean yang panjang minimnya petugas membuat antrean pagi hari sedikit tidak teratur dan membludak, pihak kecamatan sudah mengaturnya. “Dan sebenarnya dari pagi itu sudah kita atur karena minimnya petugas jadi sedikit tidak beraturan, namun untuk saat ini  bisa dilihat kita sudah  kita bentuk dengan prokes sepanjang 100 meter dengan dibagi tiga jalur, menggunakan tali rapia,” katanya.

Diketahui saat ini Kecamatan Parung berada di kawasan zona merah sebaran Covid 19. Bahkan sampai saat ini dari data yang diterima Gugus Tugas Kecamatan Parung sudah ada 500 warga Parung terpapar Covid-19.

** Cepi Kurniawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here