30.6 C
Bogor
Saturday, April 20, 2024

Buy now

spot_img

Terapkan Prokes Ketat, PPDB di SMPN 1 Ciawi Berjalan Aman dan Lancar

Ciawi | Jurnal Inspirasi

Pelaksanaan pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) tahun ajaran pendidikan 2021/2022 sudah dibuka pada 21 hingga 25 Juni 2021 atau dimulai hari Senin (21/6).

Dari pantauan di lokasi SMPN 1 Ciawi, orang tua memilih mendaftarkan secara mandiri ke sekolah tujuan, dibanding melalui sistem kolektif yang diadakan sekolah asal putra dan putrinya.

Sejak pukul 07.00 WIB, para orang tua murid sudah berdatangan. Mereka ingin memastikan anaknya langsung terdaftar sebagak calon siswa baru, meskipun pihak sekolah juga membuka jalur online.

Meski diserbu ortu murid, tidak terlihat ada kerumunan yang berpotensi melanggar aturan PPKM Mikro yang diberlakukan Pemkab Bogor. Ketatnya pihak sekolah menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 membuat pelaksanaan PPDB berjalan tertib dan lancar.

Humas SMPN 1 Ciawi, Suparman mengatakan, pihakya sudah melakukan antisipasi supaya pelaksanaan PPDB berjalan tertib dan lancar. Dalam hal ini disediakan sarpras pendukung prokes, dari mulai alat pengukur suhu badan, hand sanitizer, wajib memakai masker, menjaga jarak, wastafel untuk cuci tangan, serta ruang pendaftaran pun dipasang penyekat dari plastik agar tidak terjadi sentuhan langsung antara panitia dengan ortu pendaftar.

 “Ketika masuk gerbang sekolah, setiap tamu yang masuk dites suhu badan dan harus cuci tangan. Untuk mengantisipasi kerumunan, kita menerapkan sistem nomor antrean, dan pembatasan jumlah pendaftar yaitu 200 pendaftar sehari. Bagi ortu yang antre, disiapkan ruang tunggu di halaman sekolah dengan kursi dibuat berjarak,” jelas dia.

Suparman berharap pelaksanaan PPDB di SMPN 1 Ciawi akan berjalan tertib dan lancar hingga batas akhir pendaftaran pada 25 Juni mendatang.

“Kuota di SMPN 1 Ciawi untuk kelas VII sebanyak 11 rombongan belajar, per kelas sekitar 36 siswa. Pada hari pertama pelaksanaan PPDB, tercatat ada 200 pendaftar,” kata dia.

Kepala SMPN 1 Ciawi Al Gusri melanjutkan, sesuai petunjuk teknis dalam PPDB tahun ini dibuka untuk semua jalur yaitu zonasi, afirmasi, perpindahan tugas orang tua, dan jalur prestasi (akademik dan nonakademik).

Adapun untuk kuotanya, jalur afirmasi 15 persen, zonasi 50 persen, prestasi akademik dan nonakademik 30 persen, serta perbatasan atau perpindahan tugas orang tua 5 persen.

Sementara untuk persyaratannya, membawa foto copi kartu keluarga (KK) yang diterbitkan paling lambat 1 tahun sebelum PPDB, membawa surat keterangan lulus (asli) dari sekolah asal foto copi akta kelahiran, surat pernyataan tanggung jawab mutlak dari orang tua, dan foto copy rapor 5 semester akhir yang dilegalisir sekolah asal.

 “Untuk pelaksanaan PPDB tahun ini tidak jauh beda dengan sebelumnya, karena masih di masa pandemi Covid-19, sehingga pendaftaran kita laksanakan dengan online,” jelas Al Gusri.

Hanya saja, kata dia, dalam proses verifikasi data pihak sekolah mengundang orang tua calon siswa, dengan membagi jumlah yang sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

 “Pesan buat orang tua baca dulu juknis dengan seksama, analisa jalur yang akan di ikuti jangan sampai menyesal akibat salah menganalisa,” tukasnya.

** Dede Suhendar

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles