32.1 C
Bogor
Friday, May 3, 2024

Buy now

spot_img

Dengan Sabar Semua Akan Indah

Bogor | Jurnal Inspirasi

Sabar adalah memelihara jiwa pada ketaatan Allah dan selalu menjaganya, sabar juga berarti menahan jiwa dari maksiat dan keteguhannya dalam menghadapi syahwat dan perlawanannya terhadap hawa nafsu, sabar juga berarti keridhaan kepada qada’ dan qadar yang telah ditetapkan oleh Allah tanpa mengeluh didalamnya.

Sabar dalam ketaatan kepada Allah meliputi 3 hal: pertama, sabar sebelum melakuka ketaatan tersebut, dengan niat yang benar dan ikhlas, kedua, sabar ketika menjalani ketaatan, dengan tidak lalai dalam melakukannya, ketiga, saling menasehati untuk selalu sabar.

Allah selalu memberikan ujian kepada hambanya namun tidak melampaui batas hambanya, dalam hal tersebut kesabaran kita diuji, bagaimana kita menghadapi agar selalu sabar. Akan tetapi sabar tidaklah semudah ketika kita mengucapkannya.

Jika tidak, Allah tidak akan memberikan pahala yang besar untuk orang-orang yang bersabar, seperti dalam firmanNya, yang artinya “Katakanlah, ‘Wahai hamba-hambaKu yang beriman, bertakwalah kepada Rabb-mu’. Orang-orang yang berbuat baik di dunia ini memperoleh kebaikan. Bumi Allah itu luas. Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.” (Q.S az-Zumār:10).

Allah tidak akan memberikan kecintaan dan ma’iayyahNya (kebersamaanNya) seperti dalam firmanNya, yang artinya “Wahai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” (Q.S al-Baqarah : 153),

Dengan bersabar Allah nantinya akan memberikan kita sebuah hal yang indah didepan sana, buah dari sebuah kesabaran. Semoga kita dapat selalu bersabar terhadap apa yang kita lalui selama hidup di dunia ini sebagai hamba Allah yang selalu taat kepada-Nya.

** Salsabila Thifal – KPI

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles