31.6 C
Bogor
Sunday, April 28, 2024

Buy now

spot_img

Begini Efek Kesehatan Donor Darah

Ciawi | Jurnal Inspirasi

Kegiatan donor darah  tidak hanya bermanfaat bagi penerima donor, ternyata juga bisa bermanfaat bagi si pendonor. Dokter di Balai Pengobatan Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (PPMKP) Ciawi Bogor, dr. Ferry Haki, M.Si  menyampaikan hubungan donor darah dengan kesehatan tubuh sangat erat.

Ditemui usai kegiatan donor darah di PPMKP Ciawi Bogor, Jum’at (11/06/2021) lebih jauh Ia menjelaskan, melakukan donor darah memberikan efek kesehatan yang baik bagi tubuh. Sirkulasi darah menjadi baik,  sel – sel darah mengalami regenerasi sehingga terbentuk sel – sel darah yang baru, yang lebih sehat yang dapat memberikan kesehatan fisik bagi para pendonornya.

“Darah itu memiliki usia, mulai dari usia darah yang paling muda hingga darah yang akan mati sendiri. Nah siklus darah yang pertama kali diproduksi hingga nanti menjadi tua dan mati sendiri itu berlangsung kira- kira 75 – 90 hari”, jelas Ferry Haki.

Sebagai informasi sejumlah pegawai dan masyarakat di lingkungan PPMKP menyumbangkan darahnya untuk membantu stok darah Palang Merah Indonesia (PMI) pada  Kegiatan donor darah yang diikuti sekitar 24 pegawai dan masyarakat sekitar. Kegiatan tersebut berhasil mengumpulkan 24 kantong darah dari 24 pendonor.

“ Kegiatan dilaksanakan bekerjasama dengan DKM Al Huda dan Palang Merah Indonesia (PMI). Dari 30 orang pendaftar, yang memenuhi syarat untuk diambil darahnya 24 orang, “ jelas Ferry Haki,  yang menjadi Penanggungjawab kegiatan.

Kegiatan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan diantaranya mewajibkan calon pendonor mencuci tangan, cek suhu dan menjaga jarak.

“ Tentunya di masa pandemi ini kita menggunakan protokol kesehatan, dimana sehari sebelum pelaksanaan tempat screening atau pemeriksaan telah disemprotkan disinfektan guna mencegah penyebaran covid 19 dan saat pelaksanaannya pun, calon pendonor harus melakukan protokol kesehatan”, ungkap Ferry Haki.

Pada kesempatan yang sama Kepala PPMKP Yusral Tahir menyampaikan apresiasi kepada pegawai dan masyarakat pada kegiatan yang rutin dilakukan setiap tiga bulan ini.

 “ Saya sangat appreciate pada teman-teman yang telah menginisiasi penyelenggaraan donor darah dan juga calon pendonor. Mereka tetap mau peduli pada sesama meski dalam kondisi seperti ini. Mudah-mudahan kegiatan ini dapat memberikan manfaat untuk banyak pihak, termasuk kesehatan fisik pendonor”, tutur Yusral.

** Nita RM/Regi – PPMKP

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles