Bahaya Pergaulan Bagi Anak Remaja

0
ilustrasi

Bogor | Jurnal Inspirasi

Pergaulan remaja pada zaman sekarang lumayan memprihatinkan, demi kesenangan dan kepuasannya, banyak sekali remaja yang sudah salah mengambil langkah dalam pergaulan. Mereka terjerumus dalam pergaulan yang menyimpang.

Hal-hal yang dimaksud dengan pergaulan yang bebas adalah, tawuran, narkoba, judi, seks bebas dan masih banyak lagi. Hal tersebut disebabkan karena kurangnya perhatian, atau mungkin ilmu-ilmu agama yang diterapkan, dapat pula dipengaruhi oleh lingkungan sekitar.

Apalagi dengan zaman milenial seperti sekarang ini, dimana segala apapun dapat diakses degan mudah hanya melalui smartphone dan internet, bisa saja berpengaruh dari apa-apa yang diakses melalui internet, seperti menonton konten-konten yang sifatnya dewasa atau adegan-adengan kekerasan dalam film yang dapat memicu remaja untuk melakukan hal tersebut di kehidupannya.

Bimbingan kedua orang tua sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan anak remaja, bagaimana cara orang tua mengontrol kegiatan anaknya sehari-hari, apa saja yang dilakukan dan membimbing bila anak tersebut sudah keluar dari jalur yang semestinya.

Lingkungan juga sangat berpengaruh bagi pergaulan remaja, apabila di sekitarnya memberikan pengaruh yang negatif, maka akan mudah sekali untuk untuk ikut ke arah yang negatif, maka dari itu sebisa mungkin peran yang sangat penting agar hal-hal seperti pergalan bebas tidak dengan mudah mempengaruhi adalah, peran kedua orang tua di rumah dan peran guru-guru di sekolah sebagaimana memberikan pengetahuan-pengetahuan yang luas agar anak remaja tidak terpengaruh terhadap pergaulan bebas.

** Salsabila Thifal [MG/UIK-Jb]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here