Katar Cigombong Diharapkan Ikut Sukseskan Program Pancakarsa

0

Cigombong | Jurnal Inspirasi

Pengurus Karang Taruna (Katar) harus lebih berperan aktif dalam masa pandemi Covid-19 ini. Hal itu ditegaskan Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Cigombong, Asep Achadiat Sudrajat, mewakili camat saat melantik dan mengukuhkan pengurus Katar Kecamatan Cigombong, Rabu (7/4).

Menurutnya, kiprah Katar sangat berpengaruh di tengah masyarakat. Diharapkan melalui kepengurusan Katar yang baru dapat membantu percepatan pemulihan kesehatan dan pemulihan ekonomi akibat pandemi yang berkepanjangan ini.

 “Pandemi ini merupakan ujian kesabaran bagi semua. Oleh karena itu diharapkan bersama-sama Satgas Penanganan Covid-19, baik Katar tingkat kecamatan maupun desa dapat memberikan baktinya kepada masyarakat dalam bingkai kesetiakawanan sosial,” ungkapnya.

Tidak hanya dalam penanganan pandemi Covid-19 saja, Asep mengungkapkan, peran Katar sebagai salah satu Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) harus terus mendukung pemerintah dalam pembangunan. “Terutama ikut mensukseskan program Pancakarsa,” ujar mantan pejabat di lingkungan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bogor tersebut.

Selain itu, lanjutnya, sebagai organisasi pemuda, Katar tidak hanya berperan untuk mengembangkan dan memberdayakan potensi generasi muda saja. Namun juga, untuk mencegah dan menangani berbagai masalah sosial.

 “Peran tersebut dinyatakan jelas dalam Permensos Nomor 25 tahun 2019 tentang Katar. Salah satu tujuan yang ingin dicapai Katar, meningkatkan kemampuan masyarakat sekitar dalam menyelesaikan masalah-masalah sosial,” papar Asep.

Setelah dikukuhkan dan dilantik, Ketua Katar Kecamatan Cigombong, Deni menyatakan akan menjalankan amanah sesuai dengan tugas dan fungsi Katar.

Adapun sejumlah program kerja yang akan dilaksanakan, sambung Dani, yakni melaksanakan program kerja Katar, melakukan koordinasi dengan aparatur pemerintahan, baik di tingkat kecamatan, desa, RW hingga RT.

Dani berjanji akan mengedepankan kegotongroyongan dalam melaksanakan tugas dan fungsi sosial. Dan berkiprah dalam kegiatan pemulihan kesehatan dan pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Di kepemimpinanya, Katar Kecamatan Cigombong akan bekerja sama mengembangkan UMKM dan lembaga perkoperasian, termasuk lembaga permodalan kewirausahaan pemuda (LPKP).

 “Kami pun siap bekerja sama, kolaborasi dan koordinasi dengan organisasi kepemudaan dalam menciptakan harmonisasi peran serta OKP untuk membangun Kecamatan Cigombong serta mensukseskan program Panca Karsa Bupati Bogor,” tukas Deni.

Hadir dalam acara tersebut Sekcam Cigombong, Danramil 2123, Kapolsek Cijeruk Cigombong, Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Kecamatan Cigombong, paguyuban kepala desa, Ketua Karang Taruna Kabupaten Bogor, dan para ketua organisasi kepemudaan tingkat Kecamatan Cigombong.

** Dede Suhendar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here