29.9 C
Bogor
Friday, April 26, 2024

Buy now

spot_img

Masifkan Ketahanan Pangan, ACT Segera Gulirkan Gerakan Sedekah Pangan Ramadhan

Dramaga l Jurnal Inspirasi

Relawan kemanusiaan yang tergabung dalam Aksi Cepat Tanggap (ACT) menyikapi persoalan kesenjangan sosial di lingkup wilayah Kabupaten Bogor, khususnya bagian barat. ACT dalam salah satu programnya memasifkan ketahanan pangan dan dalam waktu dekat akan menggulirkan Gerakan Sedekah Pangan Ramadhan (GSPR).

“Program rutin saat ini yang harus masifkan adalah program pangan, karena pendemi covid-19 ini belum terlihat berakhir yang kita rasakan bersama dampaknya,” ujar  Kepala Cabang ACT Bogor Barat Eka Saputra dalam konferensi pers di Dakara Coffe Jalan Lingkar Baru Laladon Dramaga, Rabu (7/4).

GSPR diakuinya sebagai salah satu upaya ketahanan pangan yang menjadi salah satu kebutuhan yang harus dikuatkan. Menurutnya, ketika ketahanan pangannya sudah cukup,  insya Allah masyarakat  yang diberi  bisa merasakan manfaatnya. ” Agar program tersebut tepat sasaran kita prioritaskan keluarga pra sejahtera sebagai penerima bantuan,” imbuhnya.

Eka menjelaskan, bahwa ACT juga tidak hanya memberikan ketahanan pangan saja tetapi ada beberapa program seperti penguatan sektor pertanian begitu pula pembuatan sarana air bersih. Petani juga di bantu dengan cara pemberian permodalan usaha sesuai apa  yang dibutuhkan. “Sistemnya hasil dari para petani dalam kegiatan pertanian tepatnya di Tanjungsari uang dari berbagai program kita kembalikan ke masyarakat,” jelasnya.

Eka menjelaskan bahwa program masterpiece dan GSPR adalah inisisasi  yang telah berjalan hasil swadaya dari berbagai donatur. “Program ini mendapat dukungan dari berbagai unsur dan  bersinergi dengan pihak TNI, Polri serta pemerintah yang berada di wilayah setempat,” jelasnya.

Dikesempatan itu, Kasi Pendidikan Kecamatan Ciampea Erna Rohani yang merupakan tamu undangan  mengaku  sangat mendukung dengan adanya sejumlah relawan dari ACT tersebut. Menurut dia, program- program yang digagas relawan ACT sangat bagus dan menarik.

“Pihak Kecamatan Ciampea tentu saja sangat mendukung berjalannya kegiatan ACT. Kaitan dasar  kebutuhan masyarakat, progresnya dilakukan mappng dengan melibatkan pemerintah desa setempat,” ujarnya.

“Para relawan ACT berjiwa sosial yang tinggi, kami pihak kecamatan mendukung dan akan bekerjasama dengan ACT,” tukasnya.

** Arip Ekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles