Petani Lidah Buaya di Kemang, Olah Tanaman Ini Jadi Obat Herbal dan Minuman

0

Kemang | Jurnal Inspirasi

Bagi sebagian orang tentu tanaman lidah buaya (Aloe vera) hanya untuk obat menumbuhkan rambut. Namun ternyata tanaman daun lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan bisa dijadikan olahan.

Seperti diungkapkan petani lidah buaya di Desa Tegal, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, Ujang Jamaludin. Ia menjelaskan, selain untuk menyuburkan rambut, namun banyak manfaat lainnya. Bahkan tanaman daun lidah buaya itu ketika dipanen semuanya bisa dimanfaatkan termasuk getah dari pelapah daun lidah buaya.

“Manfaatnya banyak sekali sebagian orang pasti tahunya untuk menyuburkan rambut, dan getahnya juga bisa untuk ambiyen. Bahkan bunga dari tanaman lidah buaya ketika diolah bisa untuk dijadikan obat herbal penyakit yang kronis seperti hepatitis, liver dan kanker,” kata Jamaludin, Senin (5/4/2021).

Tidak hanya itu kata dia, daun lidah buaya juga bisa dijadikan olahan makanan dan minuman. “Bisa kita bikin olahan permen, jeli dan sebagainya. Karena lidah buaya tidak memiliki rasa khusus  jadi mulai dari pelepah, kita bikin pengeringan terus baru kita blender,” kata Jamal.

Lebih lanjut menjelang bulan Ramadhan ini daun lidah buaya juga bisa menjadi keuntungan tersendiri karena bisa jadi pengganti kolang kaling. “Bisa jadikan kolang kaling tinggal kita olah ketika panen dengan beberapa tahapan mulai dari kulitnya dibersihkan lalau direbus dan selanjutnya dipotong-potong untuk selanjutnya tinggal diberi sirup atau susu,” pungkasnya.

** Cepi Kurniawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here