31.4 C
Bogor
Friday, March 29, 2024

Buy now

spot_img

Musdesus Desa Karang Tengah, 274 KPM Siap Terima BLTD

Babakan Madang | Jurnal Inspirasi

Pemerintah Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang menggelar Musyawarah Desa Khusus (Musdesus di aula desa setempat, Senin (5/4/21). Dalam Musdesus ini melibatkan BPD, RT RW, Kades beserta jajarannya, dan  pihak kecamatan. Hasilnya, ditetapkan sebanyak 274 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan nominal Rp300 ribu per KPM-nya selama 1 tahun yang dianggarkan dari Dana Desa (DD) 2021.

“Musdesus yang diselenggarakan oleh BPD dan Pemdes Desa Karang Tengah merupakan implementasi atas Perbup No 12 Tahun 2021 tentang pembagian, penetapan, penyaluran dan prioritas penggunaan Dana Desa,” jelas Kasie Pemerintah Kecamatan Babakan Madang, Iskandar.

Menurutnya, untuk bantuan langsung tunai desa dilakukan pendataan terlebih dahulu dan hasil pendataan tersebut dimusdesuskan untuk proses finalisasi dan ditetapkan oleh BPD bersama kepala desa. Selain itu, pada data sebelumnya para KPM yang perekonomiannya sudah maju maupun sudah mendapat bantuan sosial lainnya untuk dialihkan kepada yang layak.

“Adapun kriteria sebagaimana diamanatkan Perbup adalah keluarga miskin, keluarga kurang mampu dan belum menerima bantuan dari sumber lain. Karena, Musdesus wajib dilakukan dan dibuatkan berita acaranya. Sebagai dasar untuk ditetapkan dengan Perkades,” jelasnya.

Sementara itu, berkaitan proses penyaluran tergantung pihak desa dan proses mekanisme apakah per RW atau dilakukan tingkat desa. “Tapi kita lebih menyarankan penyaluran untuk tingkat desa, hal ini bisa diatur jadwalnya guna menghindari kerumunan,” katanya.

Kades Karang Tengah H. Suhandi dalam rapat tersebut pihaknya mengimbau agar lebih selektif dalam memvalidasi calon penerima bantuan. “Saya mengimbau agar RT dan RW agar betul-betul mengawasi penyaluran BLT Dana Desa kepada Masyarakat agar menghindari penerima ganda. Jadi harus memprioritaskan KPM yang benar membutuhkan dan layak menerima bantuan bagi calon penerima yang sudah ditetapkan. Semoga bantuan tersebut dapat meringankan beban perekonomiannya,” pungkasnya.

** Nay Nur’ain

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles