30.6 C
Bogor
Tuesday, May 7, 2024

Buy now

spot_img

Sekdes Akan Layangkan Surat, Wilayah Caringin Dikepung Indomart dan Alfamart

Caringin | Jurnal Inspirasi

Wilayah Desa Cimande Hilir, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, dikepung minimarket. Bahkan, jarak antara minimarket jenis Alfamart dengan Indomart tidak jauh dan hanya beberapa meter. Dari pantauan di sepanjang Jalan Raya Ciawi-Sukabumi, mulai dari perbatasan Desa Ciderum, Kecamatan Caringin dengan Desa Telukpinang, Kecamatan Ciawi, sekitar kurang lebih terdapat puluhan minimarket baik Alfamart maupun Indomart.

Seperti terlihat di Desa Cimande Hilir, tepatnya di talang pangkalan ojeg Cimande, pengusaha waralaba Indomart kembali akan membuka usaha minimarketnya yang saat ini sudah selesai pembangunan.

Menyikapi menjamurnya bisnis usaha waralaba di wilayahnya, Sekretaris Desa (Sekdes) Cimande Hilir, M. Mulyadi mengaku kesal. Lantaran keberadaan minimarket tersebut diduga belum mengantongi izin.

 “Indomart yang sekarang sudah selesai dibangun dan sebentar lagi akan buka saja izinnya belum ada. Karena belum ada laporan masuk ke desa,” katanya kepada wartawan dihubungi melalui telepon selulernya, Minggu (4/4).

Menurutnya, di wilayah Desa Cimande Hilir terdapat empat usaha jenis waralaba, yakni tiga Indomart dan satu Alfamart. Namun, keempat minimarket yang saat ini sudah beroperasi, untuk legalitas perizinannya belum diketahui.

 “Kami belum tahu keempat minimarket itu sudah ada izin atau belum, baik izin warga atau lingkungan maupun izin dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor. Karena minimarket itu ada, sebelum kami dan kepala desa sekarang menjabat,” ujar Mulyadi.

Sekdes yang akrab dipanggil Damuy itu menegaskan, pihak desa akan melakukan pendataan ulang terhadap keberadaan semua minimarket tersebut. Itu dilakukan, lanjutnya, untuk mengetahui ketaatan para pengusaha waralaba terhadap aturan pemerintah dalam hal legalitas perizinan.

 “Nanti akan kami tanyakan perizinan yang dimiliki pihak pengusaha. Makanya kami layangkan surat pemanggilan kepada para pengusaha Indomart dan Alfamart agar ke desa,” tegas Damuy.

Sebelumnya, di wilayah Desa Ciderum terdapat dua minimarket Alfamart yang baru, yakni di sekitar lokasi SPBU Cikereteg dan ditengah perkampungan warga, yakni di Kampung Ciderum perbatasan antara RW 01 dan 09, Desa Ciderum, Kecamatan Caringin. Meski sempat ada penolakan dari warga terutama para pedagang kecil, namun Alfamart yang diduga belum mengantongi izin itu tetap beroperasi.

 “Saya pernah tanya ke Ketua RW 09 terkait izin Alfamart. Dan Ketua RW bersumpah tidak pernah merasa ikut tandatangan izin lingkungan Alfamart tersebut,” tukas Wakil Ketua RW 09, Baharudin.

** Dede Suhendar

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles