27.2 C
Bogor
Saturday, April 27, 2024

Buy now

spot_img

Berantas Rentenir, Bupati Apresiasi Koperasi Karya Mandiri di Tegal Kemang

Kemang | Jurnal Inspirasi

Bupati Bogor melakukan kunjungan ke  Koperasi KSU Karya Mandiri, di Kampung Nagrog RT 06, RW 06 Desa Tegal, Kecamatan Kemang, Minggu (4/3/2021). Dalam kegiatan itu turun hadir Camat Kemang Edy Suwito, Kadis Koperasi Kabupaten Bogor Asep Mulyana dan Kepala Desa Tegal Kasim Sunardi.

Bupati Bogor mengatakan, koperasi sangat bagus terutama dalam upaya pemberantasan rentenir sehingga kalau masyarakat ikut menjadi anggota koperasi, mereka tidak pinjam lagi ke rentenir. “Koperasi ini tentunya lebih sehat, lebih bagus, dan aman bagi masyarakat. Ini juga banyak kegiatan ya ada sembako, menabung walaupun sehari hanya Rp 1 ribu,” kata Ade Yasin.

lebih lanjut Ade Yasin mengatakan, Pemkab Bogor akan mendukung koperasi-koperasi yang menyentuh langsung masyarakat. “Potensi yang sangat baik menurut saya,” tandasnya.

Sementara itu  Ketua Koperasi KSU Karya Mandiri, Atty Somaddikarya mengatakan bahwa tidak sedikit masyarakat yang mengalami permasalahan akibat berhubungan dengan rentenir. “Banyak kasus yang berasal dari rentenir. Warga bahkan menjual rumah, bercerai karena terlilit utang dari rentenir,” ujarnya.

Melihat permasalahan yang ada di masyarakat itu, Atty bertekad untuk merangkul masyarakat agar bergabung menjadi anggota Koperasi KSU Karya Mandiri. Atty menjelaskan alasannya untuk membuka koperasi di Kabupaten Bogor.

“Koperasi Karya Mandiri ini sudah 27 tahun, artinya kita ini mengawali dari Kota Bogor dengan 15 ribu anggota. Ternyata, ada saudara-saudari kita dari Kota Bogor untuk beroperasi di Kabupaten Bogor,” tegasnya.

Dia mengatakan, tujuan utama koperasi ini terbentuk yakni untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat. “Hari ini ada enam cabang ya. Gerakan kita adalah gerakan menabung untuk memberantas, menggeser budaya meminjam kepada rentenir,” bebernya.

Atty juga merespon baik kehadiran Bupati Bogor, Ade Yasin dalam acara Cucurak menyambut bulan suci Ramadhan 1443 Hijriah. “Saya mengapresiasi pada Bupati yang hadir ke sini. Bahkan Bupati akan memberikan fasilitas kemudahan-kemudahan dengan program-program Pancakarsa,” tegasnya.

Selain itu, Atty membeberkan bahwa anggota Koperasi KSU Karya Mandiri khusus di Kabupaten Bogor jumlahnya mencapai ribuan. “Ada 7 ribu anggota di Kabupaten Bogor karena menyentuh RT dan RW. Kita belum sepenuhnya dapat menyentuh RT RW karena ada pelaku rentenir yang menjegal. Ini yang membuat kita belum optimal,” tandasnya.

** Cepi Kurniawan

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles