26.6 C
Bogor
Thursday, April 25, 2024

Buy now

spot_img

Kades Bojong Nangka Resmikan Masjid Al Mujahidin

Gunung Putri | Jurnal Inspirasi

Kepala Desa Bojong Nangka H. Amir, S. Pd,I meresmikan Masjid Al Mujahidin di Jl Semeru 3 No 1 Kelurahan Bojong Nangka, Kecamatan Gunung Putri, Minggu (04/04/2021). Atas nama Pemerintahan Desa Bojong Nangka, Kades mengucapkan terima kepada panitia yang telah bekerja keras dalam mensukseskan pembangunan masjid tersebut.

“Panitia telah berupaya samaksimal mungkin, bergotong royong mengumpulkan dana untuk membangun ini sehingga pada hari ini kita dapat melaksanakan peresmiannya. Dengan dibangunnya Masjid ini, mudah-mudahan akan dapat menambah dan mendorong semangat bagi warga di sekitar masjid, untuk meningkatkan amal ibadahnya dan berupaya agar meramaikan masjid ini dengan cara mendirikan shalat berjamaah, mengadakan pengajian majelis taklim dan pengajian Al-qur’an,” kata H. Amir kepada Jurnal Bogor.

Disamping itu, masjid dapat pula dijadikan untuk pembinaan umat dengan berbagai aktivitas jamaah yang pantas dilakukan di masjid, seperti kegiatan pendidikan keagamaan dan kegiatan sosial lainnya.

“Optimalisasi fungsi dan peran masjid sebagai pusat pembinaan umat, tidak mungkin dapat dikelola oleh satu atau sekelompok orang, tetapi harus melibatkan semua komponen ummat Islam yang berada di sekitar agar masjid itu menjadi makmur karena semua pihak merasa memilikinya,” jelasnya.

Menurutnya, dalam hal ini terdapat tiga pendekatan yang dapat dikembangkan dalam mengoptimalkan fungsi masjid. Pertama, masjid harus dijadikan sebagai lembaga organisasi yang mandiri atau independen, berwibawa dan mempunyai daya tarik tersendiri bagi jemaahnya dalam peningkatan kesejahteraan diri, keluarga dan masyarakat.

Kedua, masjid harus dijadikan sebagai pusat pembinaan umat yang seyogyanya dapat menempatkan diri sebagai pengayom dan tempat berlindung jamaah nya dalam menghadapi berbagai persoalan kehidupan, dengan komitmen menempatkan kepentingan jemaahnya di atas kepentingan individu, kelompok dan kekuasaan dengan dilandasi semangat persaudaraan.

Lalu yang ketiga, pengembangan fungsi masjid yang dapat mengakomodir berbagai kepentingan jamaahnya dalam rangka meningkatkan pelayanan pada jamaahnya sendiri.

Panitia Pembangunan Masjid yang juga Ketua DKM, ustadz Abdullah mengatakan atas nama ketua pembangunan dan seluruh masyarakat RT 04 RW 17 Desa Bojong Nangka mengucapkan terimakasih kepada masyarakat yang telah berpartisipasi dalam pembangunan Masjid AL Mujahidin dan juga kepada Pemerintahan Desa Bojong Nangka yang sudah memberikan support.

Acara peresmian juga dirangkaian dengan pengukuhan DKM Masjid Al Mujahidin dan pengajian jamaah AL Mujahidin. Turut hadir dalam acara, Ketua DMI Kabupaten Bogot Ustadz Drs H. Irwan Kurniawan, Kades Bojong Nangka H. Amir, S. Pd,I , Ketua DKM AL Mujahidin Ustadz Abdullah, Ketua MUI Bojong Nangka, serta masyarakat sekitar.

** Nay Nur’ain

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles