25.6 C
Bogor
Saturday, May 4, 2024

Buy now

spot_img

Alisa Khadijah-ICMI Kota Bogor Gandeng Halal Science Center IPB Dapatkan Sertifikasi Halal UMKM

Bogor | Jurnal Inspirasi

Organisasi muslimah Alisa Khadijah-ICMI Kota Bogor menyambut baik rencana Science Halal IPB untuk melakukan pendampingan edukasi halal produk kepada UMKM di Kota Bogor. Hal tersebut disampaikan Dr. drh. Dwi Jayanti Gunandini Ketua Alisa Khadijah-ICMI Kota Bogor, Sabtu (03/04/21).

Dijelaskannya, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian organisasi muslimah Alisa Khadijah-ICMI kepada masyarakat muslim untuk lebih terjaga keselamatannya dalam mengkonsumsi makanan halal.

“Jaminan halal pangan ini merupakan hak mutlak bagi umat Islam, diharapkan dengan menggandeng Halal Science IPB kami dapat memberikan ruang lebih luas lagi kepada pelaku usaha di Kota Bogor untuk mendapatkan sertifikasi halal pangan,” jelas Dini usai diselenggarakan webinar yang merupakan rangkaian kegiatan Rakerda Alisa Khadijah.

Mewakili Halal Science IPB, Prof. Tun Tedja yang juga aktif sebagai peneliti berbagai kajian halal l Sains semenjak 2017 menyampaikan, pemerintah memiliki peran penting dalam memberikan edukasi kepada pelaku usaha untuk memberikan jaminan halal pangan sebelum dipasarkan kepada khalayak.

“Sertifikasi halal ini bukan saja tanggungjawab pemerintah melainkan semua pihak harus saling bersinergi. Karenanya diperlukan peran aktif semua pihak untuk memberikan edukasi kepada pelaku usaha mikro untuk mendapatkan jaminan kehalalan produk yang dipasarkan,” jelas Auditor LPPOm MUI ini.

Dalam kesempatan seminar tersebut Prof. Tun Tedja mendorong Alisa Khadijah untuk berperan aktif melakukan mediasi kepada pelaku usaha yang belum mendapatkan sertifikasi halal khususnya di wilayah Bogor.

“Di Indonesia, LPPOM MUI adalah salah satu lembaga yang memberikan jaminan halal dan telah diakui dunia, artinya seluruh pelaku usaha harus meningkatkan kesadarannya akan pentinya label halal produk ini, agar produk pangan yang mereka dapat masuk di market global,” jelasnya lebih lanjut.

Dalam kesempatan tersebut Dr, Apendi Arsyad sebagai Ketua Dewan Pakar ICMI Wilayah Bogor menyambut baik kegiatan webinar ini. Menurutnya, saat ini terdapat 19 ribu jenis usaha dengan berbagai variasi di Kota Bogor yang perlu menguruskan lebel halal produk.

“Memastikan halal produk adalah bagian penting bagi masyarakat muslim yang mendambakan keluarga sakinah mawadah warahmah. Keberkahan keluarga berawal dari makanan halal dan toyyib, makanan yang halal akan mempengaruhi prilaku anak kita kedepannya,” jelas Apendi.

Ditambahkannya, makanan yang halal akan sangat menentukan karakter generasi bangsa di masa depan, diharapkan rencana alisa menggandeng Halal Science IPB untuk mendapatkan lebel halal pangan akan memberikan jaminan mutu pangan untuk generasi bangsa di masa depan.

“Diharapkan kegiatan webinar ini menjadi langkah awal organisasi muslimah Alisa Khadijah-ICMI memberikan kontribusi kepada pembangunan ekonomi umat dimasa depan,” tutupnya.

** Naning Nuralia [MG/UIK-Jb]

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles