33.8 C
Bogor
Saturday, May 18, 2024

Buy now

spot_img

Transfer Knowledge dan Sharing Inovasi, Pemkab Gelar Workshop Inovasi Daerah

Cisarua | Jurnal Inspirasi

Pemerintah Kabupaten Bogor menggelar Workshop Inovasi Daerah Tahun 2021  pada Kamis (1/4) di Hotel Green Peak, Cisarua menghadirkan 4 narasumber yaitu Dr. Drs. A. Fatoni, M.Si (Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendagri), Dr. Ir. Erry Ricardo Nurzal, M.T., M.P.A. (Deputi Penguatan Inovasi Kemenristek BRIN), Prof.Dr.Ir. Nurul Taufiqu Rahman, M.Eng, PHD dari LIPI sebagai ketua tim penilai gelar inovasi daerah tahun 2021 dan Prof.Dr.Ir.Arif Satria, MSi (Rektor IPB University).

Workshop Inovasi Daerah Tahun 2021 selain dilaksanakan secara langsung yang dihadiri oleh 40 camat dan 33 kepala perangkat daerah, para staf ahli di Kabupaten Bogor, juga dilaksanakan secara daring yang diikuti oleh 200 peserta dari Balitbang se-Jawa Barat dan se-Indonesia. Selain itu, kegiatan ini juga dapat diikuti secara live melalui Facebook dan Youtube Sinova Jelita agar penyebarluasan budaya inovasi semakin masif dan luas.

Aara hari ini merupakan bagian dari tahapan kegiatan gelar inovasi daerah tahun 2021 yang mengangkat tema “budayakan inovasi panca karsa untuk pemulihan ekonomi di kabupaten bogor“ dan sebagai implementasi dari peraturan bersama menteri negara dan teknologi (menristek) republik indonesia nomor 3 tahun 2012 dan menteri dalam negeri (mendagri) republik indonesia nomor 36 tahun 2012 tentang penguatan sistem inovasi daerah (sida) serta peraturan pemerintah nomor 38 tahun 2017 tentang inovasi daerah.

Kegiatan ini dilatarbelakangi bahwa budaya inovasi di Kabupaten Bogor harus dibangun dengan semangat kolaborasi dan sekaligus kompetisi melalui inovasi. oleh karena itu, seluruh stakeholder di Kabupaten Bogor bersinergi secara bersama-sama untuk memberikan dukungan melalui kreativitas berinovasi yang selaras dengan program Pancakarsa baik dalam bentuk inovasi tata kelola pemerintahan, inovasi pelayanan publik maupun inovasi bentuk lainnya sesuai kewenangan daerah.

Workshop itu sendiri untuk untuk mendorong  transfer knowledge dan sharing inovasi dalam rangka meningkatkan kreativitas berinovasi baik berupa discovery maupun invention/replikasi serta menumbuhkembangkan budaya kerja inovatif dengan berpedoman pada prinsip efisiensi dan efektivitas dan agar para peserta dapat mendukung upaya pencapaian Kabupaten Bogor menjadi kabupaten terinovatif peringkat pertama di Indonesia melalui penghargaan Innovative Goverment Award (IGA) dan penghargaan Anugerah Pemerintah Daerah Inovatif (Budhipraja) melalui inovasi yang dimiliki beserta komponen pendukungnya.

Selain itu, kegiatan ini juga untuk mensosialisasikan penghargaan inovasi di Kabupaten Bogor melalui gelar inovasi daerah yang memasuki tahun ke 6 dalam pelaksanaannya sebagai ajang penjaringan inovasi dari berbagai komponen masyarakat guna peningkatan dan pengembangan inovasi-inovasi daerah.

Workshop inovasi ini diharapkan menghasilkan output bukan hanya semangat berinovasi tetapi juga mampu menciptakan dan mengimplementasikan inovasi-inovasi kreatif yang selaras dengan program panca karsa serta mengedepankan prinsip efisiensi, efektivitas dan kemanfaatan bagi masyarakat Kabupaten Bogor.

Pada kegiatan ini juga dilakukan launching website Sinovajelita sebagai sarana publikasi data inovasi dan hasil penelitian, pengabdian masyarakat dan koordinasi jaringan penelitian serta penandatanganan buku 539 inovasi di Kabupaten Bogor (jumlah 539 inovasi sesuai usia Kabupaten Bogor yang ke 539).

Buku ini akan diluncurkan ke masyarakat pada Hari Ulang Tahun Bogor ke-539 tanggal 3 Juni 2021 sebagai potret perkembangan inovasi yang luar biasa di Kabupaten Bogor sehingga dapat menjadi inspirasi bagi seluruh stakeholder agar inovasi yang telah ada menjadi praktik baik (best practices) untuk dapat direplikasi dan dimodifikasi.

**ass/rls

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles