28.6 C
Bogor
Tuesday, April 16, 2024

Buy now

spot_img

Hampir Setahun, Longsor di Jalan Setu Asem Belum Diperbaiki

Bogor | Jurnal Inspirasi

Pemerintah Kota Bogor dianggap kurang maksimal dalam menangani longsor yang terjadi pada 11 bulan lalu di Jl. Setu Asem Raya, RW.09, Mekarwangi, Kecamatan Tanah Sereal, Kota Bogor. “Warga setempat sih pastinya udah melaporkan ke dinas atau kelurahan, namun cuma mungkin penanganan dari pemerintah juga belum maksimal,” ujar Ita (21), salah seorang pengendara yang melintas, Rabu (31/3).

Jalan yang menghubungkan Kayu manis – Cilebut ini sama sekali belum mendapat perbaikan sehingga masyarakat harus suka rela gotong royong untuk menertibkan pengendara yang melintas. “Cuma warga setempat disini sih masih mau gotong royong untuk bantu dan mengatur jalan,” tuturnya.

Daerah yang kurang memiliki resapan air dengan curah hujan yang sedang tinggi, diduga merupakan salah satu faktor penyebab longsor di Jalan Setu Asem ini.

“Itu kan memang awalnya jalannya udah agak turun ke bawah. Terus memang, warung terdekat dari area itu juga sempet juga hancur. Terus baru juga akhirnya longsor kan. Mungkin karena kurangnya resapan air, terus udah gitu curah hujannya kan tinggi. Memang di daerah sini sih suka banjir gitu. Jadi, mungkin kurangnya resapan dan membuat tanah jadi erosi dan tanah jadi longsor,” jelas Ita.

Akibatnya, warga harus selalu siap siaga menjaga jalan untuk mengatur lalu lintas yang sering kali mengalami macet karena jalan yang dapat dilalui hanya satu arah. Warga juga harus berhati-hati jika keadaan sedang hujan, karena jalan yang rusak ditambah keadaan yang longsor membuat jalan menjadi lebih licin dan berbahaya.

“Mungkin awal-awal sempet ada yang terpeleset, cuma gak banyak sih. Karena warga setempat pun langsung siap siaga untuk saling bantu untuk mengatur jalan disitu,” tambahnya.

Belum ada keterangan resmi dari pihak terkait perihal Jl. Setu Asem Raya yang longsor dibiarkan hampir setahun tersebut.

** Livia [MG/UIK-Jb]

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles