24.6 C
Bogor
Friday, April 26, 2024

Buy now

spot_img

Wakil Gubernur Buka Rakerda SMSI Jabar

Kontribusi Positif Bagi Jawa Barat

Bekasi | Jurnal Inspirasi

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum membuka resmi Rapat Kerja Daerah (Rakerda) ke- IV Tahun 2021 Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Jawa Barat yang digelar di  Hal Hotel Grand Zuri, Jababeka, Cikarang Selatan Kabupaten Bekasi, Rabu (24/03/2021).

“Kami memberikan apresiasi dan dukungan sepenuhnya kepada SMSI dan mudah-mudahan akan lebih maju ke depan. Tentunya dapat memberikan kontribusi positif bagi kemajuan dan pembangunan Provinsi Jawa Barat,” Uu yang mewakili Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Menurutnya, dirinya berharap hasil Rakerda SMSI Jawa Barat dapat melahirkan rumusan-rumusan program kerja dan Pemprov Jaabar selaku pemerintah daerah tentunta siap memfasilitasi jalinan kerjasama antara SMSI dengan pemrintah daerah kota dan kabupaten di Jawa Barat.

“Saya harapkan pemerintah kota dan kabupaten bisa melakukan hal sama, menggandeng SMSI untuk mensukseskan program pembangunan di daerahnya masing-masing. Selamat mengikuti rakerda,” ucapnya saat membuka secara resmi Rakerda ke- IV SMSI Provinsi Jawa Barat tahun 2021.

Ketua SMSI Jawa Barat H. Hardiyansyah bersama Sekretaris Ahmad Syukri menyampaikan hasil sidang komisi organisasi dan komisi pprogram pada Rakerda SMSI Jawa Barat ke-IV tahun 2021

Sebelumnya Ketua Umum SMSI, Firdaus dalam sambutannya mengatakan perusahaan media siber yang telah bergabung dalam keanggotaan SMSI saat ini sudah mencapai lebih 1.300 perusahaan media siber (online-red) yang tersebar di seluruh pelosok kabupaten maupun kota di Indonesia.

“SMSI merupakan sebuah organisasi tempat berhimpunnya perusahaan-perusahaan pers media online, ibarat sebuah tanaman SMSI ini belumlah seumur jagung, tapi Alhamdulillah, statusnya sudah resmi menjadi konstituen Dewan Pers,” tandasnya.

Selain itu, Firdus yang juga mantan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Banten dua periode itu menekankan pentingnya News Room Siberindo dalam mempertahankan peran dan eksistensi perusahaan media yang tergabung dalam SMSI.

“Kita meninginkan, News Room siberindo.co milik SMSI ini bisa mengalahkan media online raksasa yang sudah ada di Indonesia,” ujar mantan Wakil Ketua Bidang Organisasui PWI Pusat tersebut.

Ketua SMSI Jawa Barat Hardiyansyah, dalam sambutannya mengungkapkan, bahwa untuk di Provinsi Jawa Barat, saat ini sudah terdaftar sebanyak 143 perusahaan media siber yang berada di bawah naungan SMSI.

Ketua SMSI Jawa Barat Hardyansyah menyerahkan sertifikat keanggotaan SMSI kepada CEO inilahonline.com. “Dari semua perusahaan media online yang sudah terdaftar di SMSI Jabar ini, legalitasnya sudah memenuhi persyaratan sebagai sebuah perusahaan media,” imbuhnya.

Ketua DPRD Kabupaten Bekasi, B.N Holik Qodratullah yang turut hadir dalam pembukaan Rakerda SMSI jabar itu, dalam sambutanya mengatakan, bahwa di era digital saat ini, kami berharap agar media-media yang tergabung dalam SMSI dapat memberikan informasi yang menyejukkan dan tidak membuat masyarakat kita terjerumus pada informasi yang tidak benar, berita bohong, apalagi berita yang menyesatkan

Wakil Walikota Bekasi Dr. H. Tri Adhianto Tjahyono, SE, MM. yang hadir mewakili Walikota Bekasi Rahm,at Effendi karena berhalangan mengatakan, pihaknya berharap agar forum Rakerda ini akan menjadi konsulidasi daalm menyusun program-program SMSI yang bersinergi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi.

 “Mudah-mudahan Rakerda ini dapat menjadi konsolidasi menyusun program kemudian bisa menyiapkan langkah-langkah dalam rangka kemajuan Jawa Barat pada umumnya dan Kota Bekasi secara khusus,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Rakerda Jawa Barat 2021, dalam laporannya menyampaikan, bahwa Rakerda SMSI Jawa Barat Ke-IV untuk tahun 2021 ini menerapkan dan menjalankan protokol kesehatan, mengingat kegiatan ini diselenggarakan masih di tengah pandemi.

“Kita bekerjasama dengan pighak manajemen hotel, khusunya dengan petugas pengamanan menggunakan alat thermu gun untuk melakukan pengecekan suhu badan dipintu masuk dan menyediakan hand sanitizer bagi peserta yang hadir. Selain itu, kita juga membatasi jumlah peserta sebanyak 25 persen dari kapasitas tempat penyelenggaraan Raker,” ucapnya.

Dalam Rakerda SMSI Provinsi Jawa Barat juga menghadirkan nara sumber Pengurus kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kabupaten Bekasi H. Fatulloh dengan materi dan tema “Membangun Media Siber yang Sehat, Berkualitas dan Profesional”.

Selain itu, untuk merancang program kerja dan perumusan tatanan strategis bagi anggota yang tergabung dalam SMSI Jawa Barat, juga  diisi dengan Workshop bimbingan teknis oleh  CEO ProPS Google Channel Partner, Ilona Juwita.

Kegiatan yang dihadiri oleh Wakil Gubernur Jabar, turut hadir Kepala Diskominfo Provinsi Jawa Barat, Setiaji, S.T, M.Si, Wakil Walikota Bekasi Dr. H. Tri Adhianto Tjahyono, SE, MM, Kepala Diskominfo Provinsi Jawa Barat, Kadiskominfo Kabupaten Bekasi dan Kota Bekasi, Ketua DPRD Kabupaten Bekasi BN Holik Qodratullah, Komandan Batalyon D Pelopor Satbrimob Polda Metro Jaya, Kompol Budi Prasetya, S.I.K,.

Selain itu Rakerda yang beralangsung sehari penuh itu, juga dihadiri para pemilik-pemilik media siber (online-red) di bawah naungan SMSI Provinsi Jawa Barat, enam perwakilan pengurus SMSI Kabupaten dan Kota serta ketua PWI Bekasi Raya.

Usai penutupan Rakerda, SMSI Jawa Barat menyerahkan sertifikat kepada perusahaan media onlinebagi yang dinyatakan badan hukumnya telah memenuhi syarat legalitas sebagai perusahaan pers di bawah naungan SMSI jawa Barat.

** ass

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles