32 C
Bogor
Thursday, April 25, 2024

Buy now

spot_img

Desa Ciherang Pondok Buat Akta Kelahiran Gratis

Caringin | Jurnal Inspirasi

Pemerintah Desa Ciherang Pondok, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Bogor mengadakan kegiatan pelayanan pembuatan akta kelahiran secara gratis di katnor desa setempat. Kepala Desa Ciherang Pondok, Aldi Wiharsa mengatakan, kegiatan pembuatan akta kelahiran ini merupakan program Jemput Bola (Jembol) Pemerintah Kabupaten Bogor.

“Ini adalah program jembol pemda yang dilaksanakan melalui Disdukcapil, dimana bertujuan agar warga khususnya yang ada di wilayah Ciherang Pondok mengetahui betapa pentingnya dokumen identitas berupa akta kelahiran ini,” katanya, Senin (16/3).

Selain penting untuk dimiliki sebagai dokumen identitas diri, lanjut Aldi, tujuan lainnya juga dimaksudkan supaya warga  lebih disiplin tentang pentingnya identitas pengakuan diri. “Intinya, kami bersyukur dan berterima kasih kepada pemda. Sebab,  telah menyelenggarakan kegiatan ini. Warga pun antusias menyambutnya. Tentu berkat pemberitahuan dari pihak pemerintah desa beberapa hari ke belakang,” imbuhnya.

Dalam pembuatan akta lahir, ada sekitar 550 warga yang antusias ingin membuat akta kelahiran tersebut. Namun, dari jumlah kuota itu hanya 350 paket yang akan terealisasi. “Sisanya mungkin nanti akan dilanjut ke pihak UPT dan kami berharap semoga dengan adanya pembuatan akta ini ini, bisa bermanfaat khususnya bagi warga masyarakat Ciherang Pondok,” terang Aldi.

Senada diungkapkan Ketua PKK Desa Ciherang Pondok, Novi. Menurutnya, dari kuota yang diusulkan Pemdes Ciberang Pondok sebanyak 550, hanya 350 yang bakal terealisasikan. Sesangkan, untuk sisinya ada kemungkinan menyusul sesuai jadwal yang telah ditentukan. “Jadi, saking banyaknya antusias warga kami belum bisa membuatkan semuanya, tapi nanti bagi yang belum dapat akta bisa menyusul. Ia berharap, kegiatan ini akan menjadi program berkelanjutan, karena masih banyak warga yang belum masuk guna mendapatkan akta lahir akibat terhambatnya persyaratan yang harus dipenuhi bagi pemohon. “Mudah – mudahan saja, kegiatan ini bisa dilaksanakan setiap aatu tahun sekali, kasihan kan jika masih ada warga yang belum terlayani,” pungkasnya.

Deny

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles