27.6 C
Bogor
Saturday, June 22, 2024

Buy now

spot_img

Warga Serbu Kantor Kecamatan Caringin

Caringin | Jurnal Inspirasi

Warga di 12 desa di Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, menyerbu kantor kecamatan, Kamis (12/3). Warga mulai berdatangan sejak pagi atau pukul 7.00 WIB. Dedi, warga Kampung Ciderum RT 02/9, Desa Ciderum mengatakan, kedatangannya ke kantor kecamatan setelah mendapat informasi jika kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) sudah selesai dicetak. “Makanya setelah dapat kabar kalau e-KTP udah ada, saya bersama isteri dan anak langsung ke kecamatan,” ujarnya kepada wartawan.

Menurutnya, perekaman e-KTP sudah dilakukan beberapa bulan lalu persisnya tahun 2019. Sehingga, untuk sementara kartu identitas yang diberikan pihak kecamatan, berupa surat keterangan.  “Lama juga sih dari perekaman sampai jadinya e-KTP, butuh waktu berbulan-bulan. Tapi ada juga warga yang sudah direkam, sampai bertahun-tahun e-KTP nya belum selesai dicetak,” papar Dedi.

Sementara, Kepala Seksi (Kasi) Pelayanan, Mutiarawati menjelaskan, tahap pertama e-KTP selesai dicetak dan didistribusikan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bogor ke kecamatan, pada bulan Januari dan tahap kedua bulan Februari.

Tahap pertama, kata Mutiarawati, e-KTP bagi warga yang baru perekaman. Sedangkan pendistribusian e-KTP tahap kedua dan ketiga, untuk yang rusak dan hilang. “Mulai tahap pertama, kedua dan sekarang tahap ketiga pendistribusian e-KTP, jumlahnya sudah mencapai 7452,” ungkapnya.

Untuk memberikan pelayanan terbaik kepada warga yang akan mengambil e-KTP, lanjutnya, pemerintah kecamatan memasang nama-nama warga di 12 desa yang e-KTP nya sudah selesai dicetak.  “Didepan pintu kantor kecamatan juga ada penjaga sebanyak empat orang untuk membantu warga mencari namanya, apakah sudah ada apa belum e-KTP nya,” imbuh wanita imut mengenakan hijab tersebut.

Terkait jumlah e-KTP warga yang belum selesai dicetak, Mutiarawati menyatakan belum mengetahui pasti jumlahnya. Karena, harus membuka file di server perekaman.  “Untuk data kongkrit belum tahu persis berapa jumlahnya. Yang jelas lebih dari 3000 e-KTP lagi,” tukasnya.

Dede Suhendar

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles