27.6 C
Bogor
Saturday, June 22, 2024

Buy now

spot_img

Jalan Gapura Pasar Cisarua Biang Kemacetan

Cisarua | Jurnal Inspirasi

Gedung Pasar Cisarua kini sudah dibangun oleh Pemprov Jabar. Namun kini masih menyisakan permasalahan, yakni  kondisi lalulintas untuk masuk ke pasar tersebut kerap mengalami hambatan karena tersendatnya arus lalulintas di sepanjang jalan Gapura. Keberadaan para pedagang yang mengisi atau yang sudah menempati tempat usaha di gedung pasar yang baru tidak bisa dijamin keberlangsungan transaksi dengan para pengunjung pasar.

Pasalnya, berbagai kebutuhan untuk masyarakat semuanya tersedia di deretan kios kaki lima yang berdiri disepanjang jalan Gapura. Tidak heran, keberadaan kios kios di pasar tersebut mulai jam 12 siang sudah sepi dari pengunjung. Para pengunjung yang ke pasar sore hari lebih memilih berbelanja di kios kaki lima yang berdiri diatas sodetan di jalan Gapura.

Terkait hal ini, untuk menghidupkan gedung pasar yang dibangun oleh dana pemerintah itu, perlu adanya ketegasan dari aparat terkait di Kabupaten Bogor. “Jika jalan Gapura  bersih dari kios kios pedagang kaki lima, pasti disana tidak akan terjadi kemacetan untuk masuk ke pasar. Kita bisa lihat secara langsung di lokasi,” ujar Firman, warga Cisarua.

Warga lain juga berkomentar, tidak tertatanya para pedagang disana berdampak buruk juga kepada kebersihan. Sampah kerap mengotori dan mendangkalkan sodetan di sepanjang jalan. “Sampah dikawasan radius pasar merupakan hal yang perlu ditangani secara serius. Salah satu langkahnya adalah menertibkan atau memasukkan paara pedagang ke kios kios yang berada di dalam, di gedung pasar. Selain akan meminimalisir terhadap sampah, masuknya para pedagang ke gedung pasar akan menghilangkan rasa cemburu yang selama ini terjadi,” tutur Kodasih.

Dadang Supriatna

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles