29.9 C
Bogor
Friday, April 26, 2024

Buy now

spot_img

Pasar Tani Kementan di Kota Bekasi Diserbu Massa

Bekasi | Jurnal Bogor

Pasar Tani Ramadhan digelar Kementerian Pertanian (Kementan) di Alun – alun Kota Bekasi, Rabu (27/4) diserbu masyarakat Kota Bekasi. Meski pembelian dibatasi dimana setiap pengunjung hanya diperbolehkan membeli 1 kg untuk setiap jenis pangan pokok, dalam sekejap  beras, bawang merah, bawang putih, gula pasir, cabe merah, cabe rawit, daging sapi, minyak goreng dan telur ludes dalam sekejap.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi kembali menegaskan bahwa ketersediaan pangan pokok khususnya di kota bekasi aman. “Masyarakat jangan panik, pangan kita mencukupi,” himbaunya.

Pasar Tani yang digelar di berbagai wilayah merupakan salah satu bukti pangan kita aman. Dedi mengatakan setiap pekan (sabtu/minggu) Kementerian Pertanian berkeliling ke berbagai pasar di 34 provinsi untuk memastikan pasokan dan ketersediaan aman serta harga terkendali.

Ia mengakui ada kenaikan harga, akan tetapi kenaikan masih dibawah 10%. Mengenai minyak goreng curah kata Dedi untuk pasokan memang belum lancar, akan tetapi ketersediaan tercukupi.

Pasar Tani berlangsung meriah, dibuka dengan kuiz yang dipandu langsung oleh Kepala BPPSDMP yang melontarkan berbagai pertanyaan terkait dengan pangan. Pengunjung pertama dan bisa menjawab pertanyaan langsung diberi hadiah produk yang ada di Pasar Tani.

Kegiatan hasil kolaborasi Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (PPMKP) Ciawi Bogor dan Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Yogya Magelang (Yoma) dihadiri Kapolres Kota Bekasi Kombes Hengki yang juga Ketua Satgas Pangan Kota Bekasi, Kepala dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Bekasi.

Menteri Pertanian menyatakan untuk menjaga stock merata disetiap daerah, strategi Kementan ialah mendistribusikan bahan pangan dari wilayah sentra produksi yang surplus ke daerah defisit.

“Ada daerah surplus dan defisit. Kami coba intervensi diatribusinya sehingga stock twrjaga disemua daerah,” ujarnya.

** Regi/PPMKP

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles