Program CSR, Mayora Ciherang Renovasi Masjid Warga

0

JURNAL INSPIRASI – PT Tirta Fresindo Jaya (TFJ) Plant Ciherang (Mayora Group) kembali menunjukan kepeduliannya terhadap warga dan lingkungan sekitar pabrik melalui penerapan program Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan.

Kali ini Mayora Ciherang melakukan renovasi Masjid Nurul Iman di RT 05/02 Kampung Bojong Koneng, Desa Ciherang Pondok, Caringin, Kabupaten Bogor, Sabtu (22/1/2022).

DH IRGA PT TFJ Plant Ciherang Herman Wijaya mengatakan, kegiatan renovasi masjid menjadi salah satu bagian program rutin yang dilakukan secara berkala.

“Ya ini salah satu kegiatan CSR yang rutin kita lakukan, dan sudah sejak beberapa tahun terakhir dilaksanakan di lingkungan terdekat pabrik,” ujarnya.

Dalam kegiatan ini, lanjut dia, pihaknya memberikan bantuan karpet serta perlengkapan toa dan speaker masjid. Kata dia, pemberian bantuan itu sesuai dengan permintaan warga sekitar melalui pengurus RT dan RW di wilayah.

“Bantuan diberikan sesuai dengan kebutuhan warga. Jadi sebelumnya, tim verifikasi lapangan berkoordinasi dengan perwakilan warga terkait kebutuhan mereka, salah satunya seperti penambahan sarana ibadah,” ungkap Herman.

Di tempat sama, Ibnu Adriansyah, Factory Manager PT TFJ Plant Ciherang memaparkan sejumlah kegiatan CSR yang telah berjalan sejak awal pabrik berdiri. Kegiatan itu meliputi Bedah Rumah, Bedah Mushola, pengobatan massal, perbaikan gorong-gorong atau saluran air, pengasapan atau fogging, penanaman pohon serta sejumlah kegiatan lainnya.

“Ya itu beberapa kegiatan program CSR kami yang meliputi bidang kesehatan, sosial, lingkungan hidup, UMKM dan kegiatan lainnya yang tentunya bisa memberikan manfaat bagi warga dan lingkungan sekitar. Dan alhamdulillah, sejauh ini semua kegiatan berjalan dengan konsisten,” terangnya.

Sementara itu, H. Saprudin Jepri, tokoh masyarakat Ciherang Pondok menyampaikan apresiasinya terhadap perusahaan yang selama ini telah berkontribusi nyata terhadap warga dan lingkungan sekitar.

“Tentunya ini harus diapresiasi. Karena selama beberapa tahun terakhir Mayora Ciherang konsisten menunjukan perhatiannya terhadap lingkungan sekitar melalui berbagai kegiatan sosial. Mereka sampai memperhatikan apa yang menjadi kebutuhan sarana penunjang kegiatan ibadah warga. Dan ini luar biasa,” tandasnya seraya mengacungkan jempol.

Mantan Kepala Desa (Kades) Ciherang Pondok dan juga mantan Ketua Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Bogor itu pun berharap, apa yang dilakukan PT TFJ Plant Ciherang selama ini, bisa menjadi contoh bagi perusahaan-perusahaan lainnya yang ada di desa tersebut.

“Betul, di sini banyak perusahaan lain yang harus mencontoh kegiatan positif yang dilakukan Mayora Ciherang terhadap warga dan lingkungan sekitar,” tandasnya.

Ujang Gabel, tokoh warga lainnya juga berpendapat sama, kehadiran perusahaan di wilayah Ciherang harus bisa memberikan kontribusi yang nyata bagi linkungan sekitar.

“Sejauh ini, Mayora Ciherang tetap konsisten menunjukan kepeduliannya dan selalu mengakomodir apa yang menjadi keinginan warga,” pungkasnya.

** deny

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here