DPUPR Harus Tanggungjawab, Kerusakan Jalan Cikereteg Penyebab Kemacetan

0

JURNAL INSPIRASI – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Bogor, harus ikut bertanggungjawab dengan kemacetan yang sering terjadi di Jalan Cikereteg, Kecamatan Caringin. Sebab, kerusakan jalan yang saat ini belum dilakukan perbaikan, menjadi salah satu penyebab terjadinya kemacetan.

Ketua BPD Desa Ciderum, Ujang Hasbullah mengatakan, terjadinya kemacetan di ruas jalan yang menjadi akses utama warga beraktivitas banyak faktor, mulai dari kerusakan jalan di Cikereteg, sempitnya ruas jalan dan keberadaan para pedagang kaki lima (PKL).

“Jalan rusak di Cikereteg menjadi penyebab juga kemacetan,” ungkapnya kepada wartawan usai mendatangi kantor Kecamatan Caringin, Senin (10/1/2022).

Menurutnya, volume kerusakan jalan dititik Pasar Cikereteg, sangat luas dan memiliki kedalaman yang cukup membahayakan para pengguna jalan, terutama pengendara sepeda motor.

“Dalamnya lubang di jalan, membuat pengendara mengendarai kendaraannya pelan-pelan. Itu juga sebagai penyebab kemacetan,” ujar Ujang Hasbullah.

Ketua BPD yang lama di Pemerintahan Desa (Pemdes) Ciderum itu mengaku, kondisi ruas Jalan Cikereteg terjadi macet, akibat tidak adanya pengawasan dari DPUPR terhadap pemilik bangunan yang ada disepanjang jalan ini. Lantaran, selama ini tidak ada teguran terhadap pemilik bangunan yang melanggar garis sempadan jalan (GSJ).

“Harusnya saat ada pembangunan dan itu mengambil bahu jalan, pengawas DPUPR menegurnya. Jangan setelah dibangun baru ditegur, itukan akhirnya merugikan pemilik bangunan,” tegas Ujang Hasbullah.

Hal senada juga diungkapkan tokoh masyarakat Kampung Cikereteg Desa Ciderum, Pepen. Ia menegaskan, warga Cikereteg akan melakukan aksi terkait kerusakan jalan yang kondisinya membahayakan para pengendara.

“Lihat saja, lubang jalan sudah semakin parah tapi tidak ada perbaikan. Apa menunggu kami dan warga aksi dulu baru dilakukan perbaikan,” tegasnya.

** Dede Suhendar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here