Belasan Terserang DBD, 2 Orang Meninggal Dunia

0
Pemerintah Desa Nanggung bersama Muspika pada Selasa (16/11), langsung turun langsung ke lokasi.

Pemdes Nanggung Langsung Epidemiologi, Penyuluhan dan Fogging

JURNAL INSPIRASI – Demam Berdarah Dengue (DBD) menyerang 16 warga Kampung Banar di lingkungan RW 09 Desa Nanggung, Kabupaten Bogor. Dua 2 orang meninggal dunia yakni Nisa (50) dan Aeni Jahro yang merupakan ibu rumah tangga di Kampung Banar Sabrang.

Pemerintah Desa Nanggung bersama Muspika pada Selasa (16/11), langsung turun langsung ke lokasi guna melakukan penyelidikan epidemiologi sekaligus penyuluhan dan melakukan fogging. “Kedua korban tersebut  meninggal saat dilarikan ke RSUD Leuwiliang untuk dilakukan penanganan medis. Naas nyawa kedua korban tak tertolong akibat keganasan nyamuk DBD,” kata Kepala Desa Nanggung Akhmad Sodik kepada Jurnal Bogor, Rabu (17/11).

“Sewaktu kejadian pihaknya langsung berkoordinasi dengan lintas sektoral guna mencegah serta melakukan fogging di setiap rumah warga. Fogging tersebut dilakukan upaya penanggulangan penyebaran DBD,” jelasnya.

BACA JUGA: Lakukan Terobosan, Pemdes Cigudeg Akan Pasang Wifi Gratis

Sementara itu, Kepala Puskesmas Nanggung dr. BaringinTA Manik menerangkan, kasus DBD  yang menyerang belasan warga Desa Nanggung  diantaranya dua orang meninggal dunia.

“16 orang warga Kampung Banar, Desa Nanggung terserang DBD sedangkan dua orang meninggal di RSUD Leuwiliang ,” kata Baringin Manik saat dikonfirmasi.

Namun untuk saat ini setelah dirawat sepuluh orang sudah sembuh dan yang masih dirawat empat orang. Disebutkannya, kasus DBD salah satu penyebabnya adalah kelembapan udara  musim pancaroba ditambah musim penghujan sehingga dengan pergantian cuaca nyamuk mudah berkembang biaknya  dan membahayakan lingkungan masyarakat.

BACA JUGA: Kejari Diminta Transparan

Kendati demikian, pihaknya bersama Muspika dan kepala desa dengan melibatkan pemantau jentik mendatangi lokasi yang terdampak wabah DBD. Belakangan ini musim hujan masih melanda, masyarakat diimbau tetap waspada dan yang penting adalah melakukan pencegahan sesuai prosedur 3M salah satunya  menguras  dan mengubur barang-barang yang berpotensi menimbulkan genangan air.

**ndres/aripekon

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here