Pemdes Desa Kalongliud MDST Samisade

0
Program Samisade di Desa Kalongliud telah selesai.

JURNAL INSPIRASI – Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) menyerahkan hasil pekerjaan pembangunan kepada Pemerintah Desa Kalongliud dengan melakukan Musyawarah Desa Serah Terima (MDST), Selasa (16/11). MDST itu setelah dapat bantuan keuangan insfrastruktur program Samisade tahun anggaran 2021 untuk Desa Kalongliud, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor.

Ketua TPK pembangunan fisik Mukhlis mengatakan, pembangunan  yang didanai dari program Samisade diantarnya, pembangunan fisik  berupa hotmix di Kampung Kalongkarees wilayah RW 01, dan RW 11, hotmix jalan desa di Kampung Bongas yang meliputi RW 09 dan RW 06. Kemudian pembangunan TPT saluran irigasi pesawahan yang berlokasi  di Kampung Liud RW 03 dan RW 04.

Sebelum MDST, pihaknya telah melakukan pemeriksaan yang  melibatkan tim monitoring Kecamatan Nanggung, UPT Jalan dan Jembatan wilayah VI dan Pendamping Desa. “Sejumlah pembangunan fisik yang menggunakan bantuan keuangan insfrastruktur  program Samisade kini sudah selesai,” Mukhlis.

BACA JUGA: Karyawan Sikat Uang Pelanggan, Dirut Tirta Pakuan Lapor Polisi

Atas nama TPK, suksesnya program ini tentu menambah semangat untuk terus membangun,” tandasnya lagi.

Kepala Desa Kalongliud Jani Nurjaman memaparkan program unggulan Bupati Bogor Ade Yasin, yakni  Samisade tentu saja sangat tepat sasaran karena ditengah pandemi Covid- 19 ini tidak sedikit pembangunan yang tertunda lantaran refocusing anggaran. Oleh karenanya, adanya program Samisade secara luas masyarakat bisa merasakan manfaatnya.

Salah satunya, pembangunan hotmix jalan desa di Kampung Kalongkarees dimana akses jalan tersebut merupakan jalur antar Desa Kalong 2 dengan Desa Babakan Sadeng wilayah Kecamatan Leuwisadeng. Oleh karena itu,  Jani menjelaskan digelarnya  MDST tersebut sudah diatur sesuai  Peraturan Mentri dalam Nomor 114 tentang pembangunan desa.

BACA JUGA: Pembangunan GOM Gunung Putri Berstatus Minus, Ini Kata Achmad Fathoni

Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Tim Pelaksana dan stakeholder Desa Kalongliud  yang telah mendukung jalannya pembangunan. Selain itu, tambahnya, masyarakat juga harus turut menjaga dan merawat memelihara hasil pembangunan yang bersumber dari Samisade tersebut. 

Secara simbolik, Camat Nanggung Ae Saefuloh meresmikan hasil kegiatan pembangunan Desa Kalongliud. “Sesuai masa kalender, sejumlah pembangunan program Samisade di Desa Kalongliud telah dilaksanakan tepat waktu.” ungkap Camat Nanggung

Diakuinya,  dari 11 desa di Kecamaatan Nannggung baru  Desa Kalongloud  yang telah melaksanakan MDST. “Diharapkan untuk desa desa lainnya bisa mengikutinya,” tukasnya.

**aripekon

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here